Billfakkar, Muhammad Fuad (2025) PENGEMBANGAN BISNIS AKSESORIS GADGET “ORIGINARIO”. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (289kB) |
![]() |
Text (01. BAB I-IV)
01. BAB I-IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (615kB) | Request a copy |
![]() |
Text (02. BAB V-VI)
02. BAB V-VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (03. BAB VII)
03. BAB VII.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
![]() |
Text (04. DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (158kB) |
![]() |
Text (05. LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
Abstract
Originario adalah bisnis yang didirikan sejak 2020, memanfaatkan meningkatnya penggunaan internet dan smartphone selama pandemi Covid-19. Bisnis ini menawarkan aksesoris gadget premium dari merek Apple dan Samsung dengan harga yang bervariasi, seperti Samsung Headset EHS61ASFWE (Rp59.000) hingga Apple Power Adapter 35W USB C Dual Port. Meskipun menjanjikan, tantangan utama adalah kurangnya fokus pada promosi dan branding. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi untuk menggali preferensi pengguna terhadap produk Originario. Analisis bisnis dilakukan menggunakan Business Model Canvas (BMC), yang mencakup sembilan elemen penting: Value Proposition, Customer Relationship, Channels, Revenue Streams, Customer Segments, Key Activities, Cost Structure, Key Resources, dan Key Partnerships. Dengan pendekatan ini, Originario dapat mengevaluasi dan mengoptimalkan strategi bisnisnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa bisnis model ini dapat dijalankan berdasarkan hasil NPV bernilai positif dengan nilai NPV >0 yakni Rp. Rp1.094.191.189,35, maka kegiatan investasi usaha ini layak untuk diterima dan dijalankan, dengan tingkat pengembalian bisnis terhadap modal investasi yang ditanamkan yakni IRR sebesar 41%, nilai IRR lebih besar dari discount faktor maka usaha ini berpotensi memberi keuntungan dengan jangka waktu pengembalian modal payback periode dalam kurun waktu 0,2598 tahun atau setara dengan 3,12 bulan.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Originario, aksesoris gadget, Business Model Canvas, NPV, IRR, investasi, strategi bisnis, payback period, Apple, Samsung. |
Subjects: | Management > Business Plan Business > Entrepreneurship Management > Business Plan > Business > Entrepreneurship Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management |
Depositing User: | Muhammad Fuad Billfakkar |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:09 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:09 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11492 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |