PENGEMBANGAN BISNIS AKSESORIS GADGET “ORIGINARIO”

Billfakkar, Muhammad Fuad (2025) PENGEMBANGAN BISNIS AKSESORIS GADGET “ORIGINARIO”. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (289kB)
[thumbnail of 01. BAB I-IV] Text (01. BAB I-IV)
01. BAB I-IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB V-VI] Text (02. BAB V-VI)
02. BAB V-VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB VII] Text (03. BAB VII)
03. BAB VII.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. DAFTAR PUSTAKA] Text (04. DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (158kB)
[thumbnail of 05. LAMPIRAN] Text (05. LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy

Abstract

Originario adalah bisnis yang didirikan sejak 2020, memanfaatkan meningkatnya penggunaan internet dan smartphone selama pandemi Covid-19. Bisnis ini menawarkan aksesoris gadget premium dari merek Apple dan Samsung dengan harga yang bervariasi, seperti Samsung Headset EHS61ASFWE (Rp59.000) hingga Apple Power Adapter 35W USB C Dual Port. Meskipun menjanjikan, tantangan utama adalah kurangnya fokus pada promosi dan branding. Penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi untuk menggali preferensi pengguna terhadap produk Originario. Analisis bisnis dilakukan menggunakan Business Model Canvas (BMC), yang mencakup sembilan elemen penting: Value Proposition, Customer Relationship, Channels, Revenue Streams, Customer Segments, Key Activities, Cost Structure, Key Resources, dan Key Partnerships. Dengan pendekatan ini, Originario dapat mengevaluasi dan mengoptimalkan strategi bisnisnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahwa bisnis model ini dapat dijalankan berdasarkan hasil NPV bernilai positif dengan nilai NPV >0 yakni Rp. Rp1.094.191.189,35, maka kegiatan investasi usaha ini layak untuk diterima dan dijalankan, dengan tingkat pengembalian bisnis terhadap modal investasi yang ditanamkan yakni IRR sebesar 41%, nilai IRR lebih besar dari discount faktor maka usaha ini berpotensi memberi keuntungan dengan jangka waktu pengembalian modal payback periode dalam kurun waktu 0,2598 tahun atau setara dengan 3,12 bulan.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Originario, aksesoris gadget, Business Model Canvas, NPV, IRR, investasi, strategi bisnis, payback period, Apple, Samsung.
Subjects: Management > Business Plan
Business > Entrepreneurship
Management > Business Plan > Business > Entrepreneurship
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Muhammad Fuad Billfakkar
Date Deposited: 07 Mar 2025 03:09
Last Modified: 07 Mar 2025 03:09
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11492

Actions (login required)

View Item View Item