ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN READYMIX PADA CUSTOMER B2C DI PLATFORM DIGITAL BETONKU DAN TOKOPEDIA MENGGUNAKAN HYBRID MODEL RFM & CLUSTERING

Lisdayanti, Dewi (2025) ANALISIS SEGMENTASI PELANGGAN READYMIX PADA CUSTOMER B2C DI PLATFORM DIGITAL BETONKU DAN TOKOPEDIA MENGGUNAKAN HYBRID MODEL RFM & CLUSTERING. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (872kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (332kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Transformasi digital mendorong PT SCG Readymix Indonesia untuk memahami perilaku pelanggan B2C secara lebih akurat melalui analisis data. Penelitian ini menganalisis segmentasi pelanggan yang membeli produk readymix melalui platform digital BetonKu dan Tokopedia selama tahun 2024 dengan pendekatan hybrid menggunakan model Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan Clustering K-Means. Model RFM membagi pelanggan ke dalam tujuh label segmentasi, sementara K-Means menghasilkan empat cluster dengan karakteristik berbeda. Dua cluster dengan nilai RFM tinggi dipilih sebagai target utama. Strategi positioning diarahkan untuk menempatkan BetonKu sebagai platform digital utama yang unggul dalam kemudahan, kecepatan layanan, dan kualitas produk bagi pelanggan B2C. Berdasarkan hasil tersebut, disusun value proposition seperti fitur Smart Delivery Schedule, History Pengecoran, ReBeton, Live Tracking, B-SCAN, dan edukasi penggunaan platform BetonKu. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis untuk meningkatkan efektivitas pemasaran digital, loyalitas pelanggan, serta daya saing dan profitabilitas perusahaan melalui pendekatan berbasis data.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Segmentasi pelanggan, RFM, Clustering, Targeting, Positioning, Value Proposition, Readymix.
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Management > Business Process Management
Management > Business Plan
Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Management Research > Market Orientation
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Dewi Lisdayanti
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:02
Last Modified: 13 Aug 2025 04:02
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11798

Actions (login required)

View Item View Item