STRATEGI PEMASARAN KONTEN PADA S-COMMERCE DAN E-COMMERCE: SEBUAH STUDI PERBANDINGAN DI TIKTOK DAN TOKOPEDIA

Magista, Rifka (2025) STRATEGI PEMASARAN KONTEN PADA S-COMMERCE DAN E-COMMERCE: SEBUAH STUDI PERBANDINGAN DI TIKTOK DAN TOKOPEDIA. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. COVER.pdf - Accepted Version

Download (317kB)
[thumbnail of 01. BAB I-III] Text (01. BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. BAB DAFTAR PUSTAKA] Text (04. BAB DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (105kB)
[thumbnail of 05. Lampiran] Text (05. Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan konten iklan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) pada platform TikTok dan Tokopedia serta respon pengguna konten iklan melalui tindakan like, comment, shared, dan buy. Penelitian dengan metode netnografi ini mengamati teks tanda berupa gambar, ikon, kata, ataupun kalimat yang menunjukkan adanya purchase intention. Pengumpulan data berupa screenshoot/capture pada iklan produk pada kedua platform dilakukan dalam rentang waktu bulan Februari sampai dengan Mei 2025 melalui purposive sampling sehingga didapatkan masing-masing 3 toko besar kedua platform. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan format konten di antara Tokopedia yang berisi flyer dan video (dari produsen) dan Tiktok yang memuat Flyer maupun video (buatan penjual). Respon pengguna konten iklan produk FMCG pada platform TikTok dan Tokopedia menunjukkan adanya perbedaan dalam hal niat untuk membeli. Perbedaan variasi juga terdapat pada informasi mengenai relasional dan sosial dari platform TikTok sebagai s-commerce dan Tokopedia sebagai e-commerce. Selain itu, terdapat perbedaan dalam hal value pain di kedua platform, baik mengenai produk, manfaat, maupun alasan pemilihan yang ditandai oleh ulasan dari para pengguna.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: s-commerce, e-commerce, niat membeli, konten iklan, strategi pemasaran. s-commerce, e-commerce, niat membeli, konten iklan, strategi pemasaran.
Subjects: Business > Advertising
Management > Business Plan > Business > Advertising
Marketing > Advertising
Management > Corporate Strategy
Thesis > Thesis (S2)
Marketing > eCommerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Rifka Magista
Date Deposited: 27 Aug 2025 07:58
Last Modified: 27 Aug 2025 07:58
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11924

Actions (login required)

View Item View Item