Patricia, Theresa Judith (2025) Strategi Pengelolaan Instagram @hdigital.id dalam Membangun Brand Identity Agensi Hakuhodo Digital Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (418kB) |
![]() |
Text (BAB I - BAB III)
01. BAB I - BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (242kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pengelolaan akun Instagram @hdigital.id milik Hakuhodo Digital Indonesia dalam membangun identitas perusahaan di media sosial. Media sosial kini berperan strategis dalam membentuk branding perusahaan di industri kreatif seperti agensi pemasaran digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi dari Instagram @hdigital.id serta wawancara mendalam dengan pihak internal, klien potensial, serta akademisi di bidang komunikasi pemasaran. Analisis menggunakan model 4C Social Media dari Chris Heuer dan teori Brand Identity Prism dari Kapferer. Hasil menunjukkan bahwa framework 4C terbukti relevan dan aplikatif untuk digunakan dalam strategi pengelolaan media sosial oleh agensi seperti Hakuhodo Digital Indonesia, meski perlu penguatan dalam kejelasan narasi dan ekspansi jaringan audiens. Selanjutnya, framework 4C juga berkontribusi dan saling melengkapi dalam membentuk 6 dimensi identitas perusahaan yang ada pada model Brand Identity Prism, yaitu physique, personality, culture, relationship, reflection, dan self-image. Hubungan ini menunjukkan bahwa strategi pengelolaan media sosial yang terstruktur mampu membentuk persepsi dan citra yang selaras dengan identitas perusahaan. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi teoritis dan praktis bagi pengembangan strategi identitas perusahaan melalui media sosial. Kata kunci: Media Sosial, Instagram, Brand Identity Prism, Strategi Digital, Hakuhodo Digital Indonesia, 4C Social Media.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Sosial, Instagram, Brand Identity Prism, Strategi Digital, Hakuhodo Digital Indonesia, 4C Social Media. |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Digital Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Theresa Judith Patricia |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 09:40 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 09:40 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12084 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |