Amira, Nazla (2025) Analisis Electronic Word of Mouth Terkait Pernyataan Abidzar dalam Promosi Film A Business Proposal versi Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00. COVER.pdf - Accepted Version Download (710kB) |
![]() |
Text (BAB 1 - BAB 3)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (88kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (134kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Electronic Word of Mouth (e-WOM) yang muncul sebagai respon atas komunikasi yang dilakukan oleh Abidzar ketika mempromosikan film A Business Proposal versi Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data diperoleh melalui dokumentasi percakapan digital di media sosial serta wawancara mendalam dengan enam informan yang terdiri dari triangulator, penggemar, dan non-penggemar drama Korea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernyataan Abidzar seperti “ingin membangun karakter sendiri” “fans fanatik” dan “kalau tidak mau menonton tidak apa-apa, masih ada orang lain yang mau menonton” menjadi pemicu munculnya isu di ruang digital. Potongan pernyataan tersebut kemudian ramai diperbincangkan, diunggah ulang oleh akun base, fanbase Korea, hingga kreator konten, sehingga membentuk arus e-WOM di berbagai platform seperti X. Arus percakapan yang terjadi bersentimen negatif, ditandai dengan kritik, sindiran, serta ajakan untuk tidak menonton film. Reaksi netizen tidak hanya menyoroti sikap Abidzar secara pribadi, tetapi juga berdampak pada minat menonton dan citra film di bioskop. Temuan ini memperlihatkan bahwa e-WOM di X dapat memberikan dampak signifikan terhadap penerimaan sebuah film, terutama ketika dipicu oleh pernyataan kontroversial aktor utamanya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word of Mouth; Film Promotion; Social Media ; Abidzar’s Statement ; Marketing Communication |
Subjects: | Communication Science > Digital Communication Marketing Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nazla Amira |
Date Deposited: | 03 Sep 2025 05:51 |
Last Modified: | 03 Sep 2025 05:51 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |