ANALISIS STRATEGI RELASI KOMUNITAS DALAM UPAYA MEMBENTUK CITRA ORCHARDZ HOTEL GROUP JAKARTA

Rahmadhanty, Alyaa Hanifah (2025) ANALISIS STRATEGI RELASI KOMUNITAS DALAM UPAYA MEMBENTUK CITRA ORCHARDZ HOTEL GROUP JAKARTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (743kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan bisnis perhotelan, rendahnya tingkat hunian kamar akibat menurunnya daya beli masyarakat, berkurangnya loyalitas pelanggan, dan penurunan pendapatan industri karena kebijakan efisiensi anggaran pemerintah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi relasi komunitas yang dijalankan oleh Orchardz Hotel Group Jakarta dalam membentuk citra hotel serta mengidentifikasi bentuk program kerja sama yang diterapkan sebagai bagian dari strategi Public Relations (strategi PR). Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Orchardz Hotel Group Jakarta telah menerapkan strategi PR berbasis proses RACE (Research, Action, Communication, Evaluation) melalui berbagai program yang melibatkan komunitas sesuai dengan nilai perusahaan. Relasi yang dibangun menciptakan hubungan positif, meskipun efektivitas jangka panjang masih memerlukan keberlanjutan program. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi PR berbasis community relations mampu meningkatkan citra hotel, mengubah persepsi publik bahwa Orchardz Hotel Group Jakarta bukan hanya hotel bintang empat, tetapi juga perusahaan yang peduli, aktif, dan memiliki nilai sosial tinggi.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations, Relasi Komunitas, Citra Perusahaan
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Communication Science > Public Relations
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Alyaa Hanifah Rahmadhanty
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:43
Last Modified: 08 Sep 2025 03:43
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12152

Actions (login required)

View Item View Item