Pengaruh Strategi Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Agen Asuransi Di Firstline Prudential

Nazhara, Dhafina Azka (2025) Pengaruh Strategi Komunikasi Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Agen Asuransi Di Firstline Prudential. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (459kB)
[thumbnail of BAB 1 - 3] Text (BAB 1 - 3)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (245kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh strategi komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja agen asuransi di Firstline Prudential. Permasalahan yang diangkat adalah apakah terdapat pengaruh strategi komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja baik secara keseluruhan maupun perbedaan pengaruh antar kelompok jabatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strategi komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja agen asuransi di Firstline Prudential. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 83 responden yang terbagi dalam tiga kelompok jabatan: Agent, Associate Agency Director, dan Agency Director. Analisis data dilakukan menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4.0 untuk menguji validitas, reliabilitas, serta pengaruh antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja agen asuransi dengan nilai path coefficient sebesar 0,860 dan p-value 0,000. Strategi komunikasi organisasi mampu menjelaskan variasi motivasi sebesar 73,7%. Kesimpulan berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa strategi komunikasi yang efektif merupakan faktor krusial dalam meningkatkan motivasi kerja agen asuransi di Firstline Prudential.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Motivasi Kerja, Agen Asuransi, Teori Harapan.
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Dhafina Azka Nazhara
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:34
Last Modified: 08 Sep 2025 02:34
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12156

Actions (login required)

View Item View Item