Representasi Wanita Ideal dan Gaya Hidup Sehat Pada Iklan Femmy Fyber Dita Karang X Dita Kerang (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Sena, Risti Paramita Wida (2025) Representasi Wanita Ideal dan Gaya Hidup Sehat Pada Iklan Femmy Fyber Dita Karang X Dita Kerang (Analisis Semiotika Roland Barthes). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (815kB)
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (148kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis representasi wanita ideal dan gaya hidup sehat dalam iklan Femmy Fyber Dita Karang x Dita Kerang menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Iklan ini menarik perhatian publik karena menampilkan dua karakter wanita dengan bentuk tubuh dan gaya hidup yang kontras sehingga muncul suatu perbandingan yang terlihat nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tubuh ideal dan gaya hidup sehat direpresentasikan melalui karakter Dita Karang yang langsing, suka makan sayur dan buah serta rajin berolahraga sehingga mendapat validasi sosial, sementara tubuh Dita Kerang digambarkan sebaliknya sebagai kurang ideal dengan gaya hidup tidak sehat. Analisis makna denotatif, konotatif, dan mitos mengungkap bahwa iklan ini turut memperkuat narasi bahwa tubuh langsing lebih diinginkan secara sosial dan dianggap hasil dari gaya hidup sehat. Hal ini secara tidak langsung mendorong tekanan sosial terhadap wanita yang tidak memiliki bentuk tubuh yang dianggap ideal dalam masyarakat. Meskipun dikemas dengan pendekatan humor dan edukasi gaya hidup sehat, iklan ini berpotensi membentuk persepsi sempit tentang tubuh ideal wanita sehingga menimbulkan body shaming. Penelitian ini merekomendasikan perlunya representasi tubuh yang lebih inklusif dengan tetap mengedepankan edukasi gaya hidup sehat dalam media iklan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Representasi, Wanita Ideal, Gaya Hidup Sehat, Iklan, Semiotika, Representation, Ideal Woman, Healthy Lifestyle, Advertising, Semiotics
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Risti Paramita Wida Sena
Date Deposited: 09 Sep 2025 08:08
Last Modified: 09 Sep 2025 08:08
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12177

Actions (login required)

View Item View Item