Kevinzka, Salsa (2025) IDENTITAS TANPA WAJAH: ANALISIS ANONIMITAS DALAM PENYEBARAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI MEDIA SOSIAL X @KDRAMA_MENFESS (STUDI KASUS PADA MENFESS SQUID GAME 2). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version Download (653kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (154kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Media sosial menjadi ruang penting bagi penyebaran Electronic Word of Mouth (E-WOM), termasuk di komunitas fandom drama Korea melalui akun autobase anonim seperti @kdrama_menfess di X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menganalisis anonimitas dalam penyebaran E-WOM terkait Squid Game 2. Data diperoleh melalui wawancara mendalam bersama lima informan dengan pengumpulan sampel menggunakan purposive dan snowball sampling, serta divalidasi melalui triangulasi sumber dengan dosen ilmu komunikasi dan praktisi digital marketing. Dalam penelitian ini, peneliti meminjam konsep anonimitas dalam komunikasi daring untuk menjelaskan mekanisme identitas dalam ruang anonim, serta konsep dorongan membagikan E-WOM. Hasil penelitian menunjukkan adanya dimensi unlinkability, yaitu pesan tidak dapat dikaitkan dengan identitas pengirim, dan unobservability, yaitu identitas tidak diawasi selama pesan sesuai aturan komunitas. Sementara itu, pseudonymity tidak dimanfaatkan oleh informan. Dorongan berbagi E-WOM meliputi altruism, venting feelings, self-enhancement, dan social benefits, sedangkan economic benefits tidak ditemukan. Penelitian ini mengindikasikan bahwa anonimitas berperan dalam memfasilitasi partisipasi E-WOM.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Anonimitas, Autobase X |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Digital Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Salsa Kevinzka |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 10:08 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 10:08 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |