IDENTITAS TANPA WAJAH: ANALISIS ANONIMITAS DALAM PENYEBARAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI MEDIA SOSIAL X @KDRAMA_MENFESS (STUDI KASUS PADA MENFESS SQUID GAME 2)

Kevinzka, Salsa (2025) IDENTITAS TANPA WAJAH: ANALISIS ANONIMITAS DALAM PENYEBARAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) DI MEDIA SOSIAL X @KDRAMA_MENFESS (STUDI KASUS PADA MENFESS SQUID GAME 2). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (653kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04 Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05 Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media sosial menjadi ruang penting bagi penyebaran Electronic Word of Mouth (E-WOM), termasuk di komunitas fandom drama Korea melalui akun autobase anonim seperti @kdrama_menfess di X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk menganalisis anonimitas dalam penyebaran E-WOM terkait Squid Game 2. Data diperoleh melalui wawancara mendalam bersama lima informan dengan pengumpulan sampel menggunakan purposive dan snowball sampling, serta divalidasi melalui triangulasi sumber dengan dosen ilmu komunikasi dan praktisi digital marketing. Dalam penelitian ini, peneliti meminjam konsep anonimitas dalam komunikasi daring untuk menjelaskan mekanisme identitas dalam ruang anonim, serta konsep dorongan membagikan E-WOM. Hasil penelitian menunjukkan adanya dimensi unlinkability, yaitu pesan tidak dapat dikaitkan dengan identitas pengirim, dan unobservability, yaitu identitas tidak diawasi selama pesan sesuai aturan komunitas. Sementara itu, pseudonymity tidak dimanfaatkan oleh informan. Dorongan berbagi E-WOM meliputi altruism, venting feelings, self-enhancement, dan social benefits, sedangkan economic benefits tidak ditemukan. Penelitian ini mengindikasikan bahwa anonimitas berperan dalam memfasilitasi partisipasi E-WOM.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Electronic Word of Mouth, Anonimitas, Autobase X
Subjects: Communication Science
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Salsa Kevinzka
Date Deposited: 18 Sep 2025 10:08
Last Modified: 18 Sep 2025 10:08
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item