Simbol Tato dalam Karakter Dokter Baek Kang Hyuk Drama Korea The Trauma Code: Heroes On Call Pendekatan Modes of Reception Carolyn Michelle

Fitriyanti, Novia (2025) Simbol Tato dalam Karakter Dokter Baek Kang Hyuk Drama Korea The Trauma Code: Heroes On Call Pendekatan Modes of Reception Carolyn Michelle. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version

Download (599kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (998kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB Daftar Pustaka] Text (BAB Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (277kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis resepsi khalayak Indonesia, khususnya Generasi Z, terhadap simbol tato pada karakter Dokter Baek Kang Hyuk dalam drama Korea The Trauma Code: Heroes on Call. Fenomena ini menarik karena tato secara kultural sering diasosiasikan dengan stigma negatif, sementara profesi dokter identik dengan citra profesional, bersih, dan konservatif. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis resepsi, melalui wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) terhadap enam informan (3 laki-laki dan 3 perempuan). Analisis mengacu pada modes of reception Carolyn Michelle yang membagi pemaknaan ke level denotatif (transparent, referential, mediated) dan konotatif (discursive). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara denotatif, tato dipahami sebagai estetika visual, bagian dari pengalaman hidup, sekaligus strategi media untuk memperkuat karakter. Pada level konotatif, muncul tiga posisi resepsi: dominant-hegemonic (menerima tato sebagai simbol kemanusiaan), negotiated (menerima di drama namun menolak di dunia nyata), dan oppositional (menolak karena tidak sesuai citra profesi medis). Temuan ini menegaskan bahwa khalayak Generasi Z aktif menafsirkan simbol budaya populer, serta menunjukkan adanya pergeseran makna tato dari stigma menuju ekspresi identitas di era media digital.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: resepsi khalayak, tato, drama Korea, The Trauma Code: Heroes on Call, modes of reception
Subjects: Communication Science > Cultural Studies
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novia Fitriyanti
Date Deposited: 27 Oct 2025 07:56
Last Modified: 27 Oct 2025 07:56
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

View Item View Item