Pambudi, Reza Irfan (2022) PERAN BRAND AMBASSADOR NCT PADA KAMPANYE TOKOPEDIA WAKTU INDONESIA BELANJA TV SHOW OKTOBER 2020 DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT (Studi Kasus: NCT U dan NCT 127). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (COVER)
COVER.pdf - Submitted Version Download (388kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (716kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (61kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan yang semakin kompetitif di bidang ekonomi dan perdagangan di era 4.0, memaksa sebuah perusahaan atau brand untuk membuat strategi pemasaran yang efektif, salah satunya dengan menggunakan artis K-pop sebagai brand ambassador. Penggunaan artis K-pop saat ini sedang ramai digunakan oleh e-commerce yang ada di Indonesia, salah satunya ialah Tokopedia. Tokopedia menggunakan NCT U dan NCT 127 dalam kampanye Tokopedia WIB TV Show sebagai salah satu cara untuk meningkatkan customer engagement. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana peran NCT U dan NCT 127 sebagai brand ambassador pada kampanye Tokopedia WIB TV Show, dan juga ingin menganalisis bagaimana keterkaitan brand ambassador dalam meningkatkan customer engagement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatakan studi kasus intrinsik. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penggunaan brand ambassador NCT U dan NCT 127 dalam kampanye Tokopedia WIB TV Show memberikan dampak yang signifikan terhadap Tokopedia, terutama dalam meningkatkan TPV (Total Purchase Value) dan TVI (Total Value Items). Selanjutnya pada konsep customer engagement, hanya terimplementasi tiga tahapan dari empat tahapan yang ada yakni consumption, curation, dan collaboration. Strategi yang dilakukan Tokopedia dalam memanfaatkan NCT U dan NCT 127 dalam kampanye Tokopedia WIB TV Show sudah sesuai dengan tujuan utama Tokopedia, yaitu untuk meningkatkan awareness, reach pengguna baru, dan juga menjaga hubungan yang sudah terjalin dengan pengguna lama.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand Ambassador, K-pop, Customer Engagement, Tokopedia WIB TV Show |
Subjects: | Marketing > Branding (Marketing) Customer Behavior Marketing > eCommerce Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Reza Irfan Pambudi |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 09:10 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 09:10 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6064 |
Actions (login required)
View Item |