Almayosi, Azura Puti (2022) PERBANDINGAN PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT DREAM DAN HAN SO-HEE TERHADAP BRAND IMAGE SOMETHINC PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL DI DKI JAKARTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (180kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (180kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (899kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh duta merek NCT Dream dan Han So-hee terhadap citra merek SOMETHINC pada pengikut akun Instagram @somethincofficial di DKI Jakarta. Terdapat empat variabel yang diteliti dalam penelitian ini, diantaranya adalah variabel X1 dan X2 yaitu duta merek NCT Dream dan Han So-hee (popularitas, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan), serta variabel Y1 dan Y2 yaitu citra merek SOMETHINC (kekuatan asosiasi merek, kelebihan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek) yang dilihat dari masing-masing duta merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 139 responden berkarakteristik 18-24 tahun, mengikuti akun Instagram @somethincofficial, dan berdomisili di DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan pada variabel duta merek X1 dan X2 menunjukkan bahwa NCT Dream dan Han So-hee sebagai duta merek sama-sama memiliki keunggulan pada indikator daya tarik. Artinya, kedua duta merek memiliki penampilan dan karakteristik yang sesuai dengan SOMETHINC. Sedangkan pada variabel citra merek Y1 dan Y2, dimensi yang menjadi keunggulan SOMETHINC adalah kelebihan merek. Artinya, responden menganggap kualitas dari SOMETHINC adalah faktor terbesar terbentuknya citra merek. Berdasarkan hasil uji regresi linear, Han So-hee sebagai duta merek memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap citra merek SOMETHINC dibandingkan NCT Dream dengan perolehan nilai masing-masing sebesar 43,5% dan 32,6%. Han So-hee unggul dalam tiga indikator duta merek yang mempengaruhi citra merek, yaitu indikator popularitas, kredibilitas, dan kekuatan. Sementara NCT Dream unggul dalam satu indikator yaitu daya tarik.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Duta merek, Citra merek |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Azura Puti Almayosi |
Date Deposited: | 18 Aug 2022 10:22 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 10:22 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6486 |
Actions (login required)
View Item |