PERBANDINGAN PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT DREAM DAN HAN SO-HEE TERHADAP BRAND IMAGE SOMETHINC PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL DI DKI JAKARTA

Almayosi, Azura Puti (2022) PERBANDINGAN PENGARUH BRAND AMBASSADOR NCT DREAM DAN HAN SO-HEE TERHADAP BRAND IMAGE SOMETHINC PADA PENGIKUT AKUN INSTAGRAM @SOMETHINCOFFICIAL DI DKI JAKARTA. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (727kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh duta merek NCT Dream dan Han So-hee terhadap citra merek SOMETHINC pada pengikut akun Instagram @somethincofficial di DKI Jakarta. Terdapat empat variabel yang diteliti dalam penelitian ini, diantaranya adalah variabel X1 dan X2 yaitu duta merek NCT Dream dan Han So-hee (popularitas, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan), serta variabel Y1 dan Y2 yaitu citra merek SOMETHINC (kekuatan asosiasi merek, kelebihan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek) yang dilihat dari masing-masing duta merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 139 responden berkarakteristik 18-24 tahun, mengikuti akun Instagram @somethincofficial, dan berdomisili di DKI Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan pada variabel duta merek X1 dan X2 menunjukkan bahwa NCT Dream dan Han So-hee sebagai duta merek sama-sama memiliki keunggulan pada indikator daya tarik. Artinya, kedua duta merek memiliki penampilan dan karakteristik yang sesuai dengan SOMETHINC. Sedangkan pada variabel citra merek Y1 dan Y2, dimensi yang menjadi keunggulan SOMETHINC adalah kelebihan merek. Artinya, responden menganggap kualitas dari SOMETHINC adalah faktor terbesar terbentuknya citra merek. Berdasarkan hasil uji regresi linear, Han So-hee sebagai duta merek memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap citra merek SOMETHINC dibandingkan NCT Dream dengan perolehan nilai masing-masing sebesar 43,5% dan 32,6%. Han So-hee unggul dalam tiga indikator duta merek yang mempengaruhi citra merek, yaitu indikator popularitas, kredibilitas, dan kekuatan. Sementara NCT Dream unggul dalam satu indikator yaitu daya tarik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Duta merek, Citra merek
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Azura Puti Almayosi
Date Deposited: 18 Aug 2022 10:22
Last Modified: 18 Aug 2022 10:22
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item