Sanjaya, Azat (2024) Analisis Penerapan Sistem Online Penerimaan Pajak Reklame: Studi Kasus Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (00. Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (373kB) |
|
Text (01. BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
|
Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
|
Text (04. DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (269kB) |
|
Text (05. LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pajak reklame sebelum dan sesudah diterapkannya sistem pajak online: di Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah pegawai Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta. Keabsahan data diuji dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pajak sistem online penerimaan pajak reklame sudah efektif meskipun belum sepenuhnya optimal. Dari segi pengukuran efektivitas penerimaan pajak reklame sebelum implementasi kebijakan dikategorikan sangat efektif dengan persentase 100,63%, sedangkan setelah uji coba kebijakan dikategorikan cukup efektif dengan persentase 78,63%. Penurunan penerimaan pajak reklame ini dari sudut padang fiskus disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu pergeseran ke iklan digital dan berlakunya stimulus pada Peraturan Gubernur. Terkait faktor kendala sistem pajak online termasuk kurangnya sistematisasi, sementara terkait faktor penghambatnya adalah sistem yang belum optimal dan kurangnya sosialisasi. Terkait solusi yang diberikan kepada pemerintah daerah, yaitu kebijakan implementasi sistem pajak online harus terus ditingkatkan agar faktor kendala dan penghambat tidak terulang dan sosialisasi secara menyeluruh kepada wajib pajak terkait sistem pajak online.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penerimaan Pajak Reklame, Sistem Pajak Online, UPPPD Setiabudi DKI Jakarta |
Subjects: | Accounting Accounting > Tax Accounting Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi |
Depositing User: | Azat Sanjaya |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 03:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 03:53 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9694 |
Actions (login required)
View Item |