Analisis Penerapan Sistem Online Penerimaan Pajak Reklame: Studi Kasus Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta

Sanjaya, Azat (2024) Analisis Penerapan Sistem Online Penerimaan Pajak Reklame: Studi Kasus Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of 00. Cover] Text (00. Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (373kB)
[thumbnail of 01. BAB I - III] Text (01. BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 02. BAB IV] Text (02. BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[thumbnail of 03. BAB V] Text (03. BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of 04. DAFTAR PUSTAKA] Text (04. DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (269kB)
[thumbnail of 05. LAMPIRAN] Text (05. LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pajak reklame sebelum dan sesudah diterapkannya sistem pajak online: di Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah pegawai Unit Pelayanan Pemungutan Pajak Daerah Setiabudi DKI Jakarta. Keabsahan data diuji dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pajak sistem online penerimaan pajak reklame sudah efektif meskipun belum sepenuhnya optimal. Dari segi pengukuran efektivitas penerimaan pajak reklame sebelum implementasi kebijakan dikategorikan sangat efektif dengan persentase 100,63%, sedangkan setelah uji coba kebijakan dikategorikan cukup efektif dengan persentase 78,63%. Penurunan penerimaan pajak reklame ini dari sudut padang fiskus disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu pergeseran ke iklan digital dan berlakunya stimulus pada Peraturan Gubernur. Terkait faktor kendala sistem pajak online termasuk kurangnya sistematisasi, sementara terkait faktor penghambatnya adalah sistem yang belum optimal dan kurangnya sosialisasi. Terkait solusi yang diberikan kepada pemerintah daerah, yaitu kebijakan implementasi sistem pajak online harus terus ditingkatkan agar faktor kendala dan penghambat tidak terulang dan sosialisasi secara menyeluruh kepada wajib pajak terkait sistem pajak online.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Penerimaan Pajak Reklame, Sistem Pajak Online, UPPPD Setiabudi DKI Jakarta
Subjects: Accounting
Accounting > Tax Accounting
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Azat Sanjaya
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:53
Last Modified: 01 Aug 2024 03:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item