ANALISIS USABILITY PADA PORTAL E-MENU REKALABA MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDI KASUS: PT PASTI LABA SOLUSI TEKNOLOGI)

Hikmah, Nadyatul (2024) ANALISIS USABILITY PADA PORTAL E-MENU REKALABA MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION (STUDI KASUS: PT PASTI LABA SOLUSI TEKNOLOGI). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (398kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Portal e-menu rekalaba merupakan sistem untuk memfasilitasi layanan pemesanan makanan dan minuman secara digital yang dikembangkan oleh PT Pasti Laba Solusi Teknologi. E-menu harus memiliki desain user interface yang baik dan menarik sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat usability pada portal e-menu rekalaba menggunakan metode heuristic evaluation dan menganalisis hasil penelitian untuk memberikan saran perbaikan berdasarkan permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini mendapatkan sampel berjumlah 42 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat usability portal e-menu rekalaba sebesar 71% sehingga masuk dalam kategori tinggi sesuai dengan 10 prinsip heuristic evaluation. Namun, terdapat beberapa indikator yang kurang dari 61% sehingga perlu perbaikan. Rekomendasi perbaikan yang diberikan yaitu diperlukan notifikasi ketika pengguna berhasil memasukkan item ke keranjang, konsisten dalam penggunaan bahasa, menambahkan fitur pilihan bahasa, menambahkan opsi pembayaran yang lain seperti bank transfer atau e-wallet, fitur kategori menu dan tab kategori menu dibuat satu fitur saja, dan desain pada form data alamat billing dibuat lebih sederhana dan minimalis.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Heuristic Evaluation, Portal E-Menu Rekalaba, Usability
Subjects: Computer Science > Information Systems
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Nadyatul Hikmah
Date Deposited: 27 Aug 2024 09:53
Last Modified: 27 Aug 2024 09:53
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item View Item