Pengembangan Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Baubau di Media Sosial Instagram Berbasis Profil Wisatawan Menggunakan Pendekatan Clustering & Ethnography

Syahda, Zahwa Nur (2024) Pengembangan Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Baubau di Media Sosial Instagram Berbasis Profil Wisatawan Menggunakan Pendekatan Clustering & Ethnography. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (192kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (198kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (762kB) | Request a copy

Abstract

Kota Baubau yang memiliki berbagai potensi wisata, mulai dari wisata alam, budaya, dan sejarah yang menarik bagi wisatawan. Instagram, sebagai salah satu media sosial terpopuler, menjadi platform yang efektif untuk menyebarkan informasi pariwisata. Dinas Pariwisata telah memanfaatkan media sosial Instagram sebagai salah satu sarana promosi pariwisata. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang perlu diatasi oleh Dinas Pariwisata guna meningkatkan promosi pariwisata melalui media sosial Instagramnya. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang bisa menjadi strategi pemasaran pariwisata di Instagram dengan mengidentifikasi segmentasi dan pain value wisatawan berdasarkan preferensi, minat dan kebutuhan terhadap akun Instagram Dinas Pariwisata dalam mempromosikan destinasi wisata di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan mix method dengan analisis data menggunakan clustering & ethnography. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 segmentasi wisatawan di Kota Baubau yaitu Beach Lover, Cultural Explorer, Nature Lover, dan Park Enthusiast. Setiap cluster memiliki pain value masing-masing yang digunakan untuk membuat strategi pemasaran pariwisata Kota Baubau di Instagram agar Dinas Pariwisata dapat mempromosikan destinasi wisata di Baubau secara efektif dan merata untuk setiap kategori wisatanya dan juga agar bisa menjangkau semua cluster wisatawan yang ada di Kota Baubau.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Instagram, Pariwisata, Clustering, Ethnography
Subjects: Management
Marketing
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Zahwa Nur Syahda
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:49
Last Modified: 30 Aug 2024 08:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10089

Actions (login required)

View Item View Item