Pangerang, Cahyani Zalsabila (2024) Analisis Framing Berita Silent Majority pada Media Online Kompas.com, CNN Indonesia.com, dan Detik.com. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00. COVER.pdf - Accepted Version Download (658kB) |
|
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (113kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Proses adaptasi media bisa dibuktikan dengan hadirnya media online yang berperan dalam menyebarkan berita. Salah satu topik pemberitaan media online yang berhasil menarik perhatian masyarakat pasca pemilu 2024 adalah munculnya istilah silent majority setelah kemenangan Prabowo-Gibran dalam pemilihan capres-cawapres. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui bagaimana Kompas.com, CNN Indonesia.com, dan Detik.com sebagai media online yang paling banyak diakses oleh masyarakat Indonesia melakukan framing terhadap topik silent majority berdasarkan konsep Robert N. Entman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menganalisis 2 berita dari masing-masing media. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa media Kompas.com membingkai silent majority untuk menjawab kebutuhan audiens dan menyajikan berita informatif, sedangkan CNN Indonesia.com membingkai silent majority sebagai fenomena penting untuk mengedukasi masyarakat, dan Detik.com membingkai silent majority sebagai isu dengan unsur ketokohan dan fokus pada standpoint politik.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | silent majority, analisis framing Robert N. Entman, framing analysis Robert N. Entman |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Journalism Communication Science > Mass Media Communication Thesis Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Cahyani Zalsabila |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:04 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:04 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10528 |
Actions (login required)
View Item |