Bingkai Berita Isu Publisher Rights di Tempo.co (Mendukung Demi Keberlanjutan Media di Indonesia)

Dewi, Serli Utari (2024) Bingkai Berita Isu Publisher Rights di Tempo.co (Mendukung Demi Keberlanjutan Media di Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Halaman Publikasi, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel] Text (Cover, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Halaman Publikasi, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel)
00. COVER.pdf - Accepted Version

Download (421kB)
[thumbnail of BAB I - BAB III] Text (BAB I - BAB III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (677kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (26kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas analisis framing pemberitaan Peraturan Presiden Nomor 32 Tahun 2024 yang dikenal dengan Perpres Publisher Rights. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini untuk melihat bagaimana framing pemberitaan Publisher Rights pada media Tempo.co periode 22 Februari – 30 Maret 2024 dan mengapa redaksi melakukan framing pemberitaan Publisher Rights periode pada periode 22 Februari – 30 Maret 2024 di Tempo.co. Penelitian akan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis framing model Robert M. Entman yaitu dengan mengamati teks berita menggunakan empat elemen, define problems (pendefinisian masalah), diagnose causes (memperkirakan masalah atau sumber masalah), make moral judgement (membuat keputusan moral), dan treatment recommendation (penekanan penyelesaian). Dan mengaitkan dua perspektif framing Entman yaitu seleksi isu dan penonjolan aspek, untuk melihat arah pemberitaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tempo.co menggunakan teknik framing untuk membentuk pemahaman publik tentang Perpres Nomor 32 Tahun 2024 dengan menggunakan pilihan judul, memanfaatkan grafis, dan penempatan kata yang mencolok. Selain itu, Redaksi Tempo.co melakukan tahapan eksternalisasi dimana redaksi mengkonstruksi isu Perpres Publisher Rights dengan pemberitaan yang positif dan edukatif untuk membentuk pemahaman publik mengenai pentingnya regulasi demi keberlanjutan media Indonesia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Publisher Rights, Berita Online, Analisis Framing Robert M. Entman.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Digital Communication
Communication Science > Journalism
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Serli Utari Dewi
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:18
Last Modified: 13 Sep 2024 07:18
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10848

Actions (login required)

View Item View Item