Azzahrah, Vega (2025) Analisis Resepsi Milenial Terhadap Makna Kesepian dalam Video Musik "Nala" karya Tulus. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version Download (325kB) |
![]() |
Text (BAB 1-3)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (150kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. BAB Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (203kB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai karya seni bunyi, musik mencerminkan pikiran dan juga perasaan penciptanya melalui lirik lagu. Penggunaan video musik menjadi salah satu bentuk penguatan terhadap sebuah lagu, karena video musik hadir dengan visual sebagai konsep utamanya. Saat ini lagu yang memiliki tema sedih yang menjadi kegemaran masyarakat Indonesia, hal tersebut bisa dilihat melalui beberapa lagu yang menjadi trending di beberapa platform media seperti Tiktok, Spotify, dan juga Youtube. Tulus merupakan salah satu penyanyi yang tidak jarang mengeluarkan lagu dengan tema sedih, namun dalam lirik dan video musiknya ia juga menyelipkan pesan-pesan positif. Fenomena kesepian telah ada jauh sebelum adanya pandemi Covid-19. Namun, pandemi yang disertai dengan pemberlakuan karantina dan pembatasan sosial menyebabkan perasaan kesepian semakin banyak dirasakan oleh individu. Penelitian kualitatif ini menerapkan teknik pengumpulan data deskriptif dan dibantu dengan teori resepsi milik David Morley untuk menganalisis interpretasi audiens terhadap pemaknaan kesepian dalam video musik “Nala”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat bagaimana khalayak khususnya generasi milenial menerima makna kesepian dalam video musik “Nala” milik Tulus. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam kepada empat orang informan, yang kemudian hasil dari wawancara tersebut akan dilakukan validasi data dengan dua triangulator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setiap informan memiliki resepsinya masing-masing terhadap kesepian yang digambarkan dalam video musik “Nala”, tiga informan berada dalam posisi dominant (hegemonic) reading, satu informan berada dalam posisi negotiated reading, dan tidak ada informan yang berada dalam posisi opposional (hegemonic counter) reading.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Resepsi Milenial, Kesepian, Video Musik, Tulus, Encoding, Decoding |
Subjects: | Philosophy. Psychology. Religion > Psychology Communication Science > Digital Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Vega Azzahrah |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 03:00 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 03:00 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |