Ariyanto, Richard (2025) FENOMENA CLICKBAIT DI KANAL HEALTH DISWAY.ID. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.COVER.pdf - Accepted Version Download (342kB) |
![]() |
Text (Bab 1 - 3)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 4)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Bab 5)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04.BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (243kB) |
![]() |
Text (Lampiran Wawancara)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana clickbait digunakan dalam kanal Health Disway.id. Terkhususnya dalam isu gagal ginjal pada anak kecil dalam periode Juni 2024 hingga Juli 2024. Lalu, seberapa banyak berita yang ditemukan menggunakan clickbait. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Analisis isi terarah dengan Latent Content Analisis. Lalu memperhatikan apakah clickbait digunakan dan penulisan tersebut sesuai dengan unsur-unsur berita. Penelitian ini menemukan bahwa Disway.id memang menggunakan clickbait. Namun, clickbait memiliki dua pengertian, clickable dan clickbait. Dimana clickbait merupakan sesuatu yang dilebih-lebihkan. Sedangkan clickable merupakan karakteristik dari media Online itu sendiri, yaitu mengundang untuk di-klik. Sehingga, Disway.id bisa dikatakan mengunakan clickable, bukan clickbait. Ketiga berita yang diteliti ini menemukan satu berita yang terlalu banyak halamannya, sehingga membuat fokus pembaca pecah saat berganti halaman. Penelitian ini juga menemukan bahwa adanya editor dan reporter berupaya untuk membuat clickbait. Namun hal ini diperuntukkan editor bisa menaikkan berita reporter dan editor mengubah judul agar bisa dibaca oleh pembaca, yaitu clickable.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Clickbait, Berita Online, clickable, Gagal Ginjal, Kesehatan |
Subjects: | Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Mass Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Richard Ariyanto |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 01:54 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 01:54 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11464 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |