Yusuf, Muhammad Ammar (2025) Analisis Strategi Konten Pemasaran Digital Kementerian Pariwisata Melalui Instagram @kampanyesadarwisata Dalam Memperkenalkan Desa Wisata. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.cover.pdf - Accepted Version Download (899kB) |
![]() |
Text (BAB 1 - 3)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (812kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
02.BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
04.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (227kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05.Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi konten pemasaran digital yang diterapkan oleh Kementerian Pariwisata melalui akun Instagram @kampanyesadarwisata dalam memperkenalkan desa wisata. Fokus penelitian diarahkan pada konten yang membahas desa wisata di enam Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP). Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi kasus, serta teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan tim internal Kemenparekraf dan tim publikasi, observasi konten Instagram, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram @kampanyesadarwisata berperan tidak hanya sebagai media informasi mengenai program pemerintah, tetapi juga sebagai sarana edukasi tentang desa wisata dan inspirasi bagi penggiat pariwisata. Berbagai fitur Instagram seperti feeds, stories, dan reels dimanfaatkan secara optimal untuk menjangkau target audiens. Strategi konten yang disusun meliputi tahapan goal setting, audience mapping, ideasi konten, pembuatan dan distribusi konten, amplifikasi, evaluasi, hingga perbaikan konten, yang seluruhnya saling berkaitan dalam memperkuat efektivitas komunikasi pemasaran digital. Dengan demikian, strategi yang diterapkan melalui akun ini mampu mendukung promosi desa wisata secara kreatif dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran Konten, Media Sosial, Instagram, Desa Wisata. |
Subjects: | Communication Science > Digital Communication Marketing Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Muhammad Ammar Yusuf |
Date Deposited: | 10 Jun 2025 07:55 |
Last Modified: | 10 Jun 2025 07:55 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11686 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |