PENGARUH SCARCITY MARKETING, SOCIAL INFLUENCE, DAN SALES PROMOTION TERHADAP FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN DAMPAKNYA TERHADAP IMPULSE BUYING DALAM LIVE SHOPPING E-COMMERCE DI INDONESIA: PERSPEKTIF STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE (SOR)

Humaira, Putri Syifa (2025) PENGARUH SCARCITY MARKETING, SOCIAL INFLUENCE, DAN SALES PROMOTION TERHADAP FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN DAMPAKNYA TERHADAP IMPULSE BUYING DALAM LIVE SHOPPING E-COMMERCE DI INDONESIA: PERSPEKTIF STIMULUS-ORGANISM-RESPONSE (SOR). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (309kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (129kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Dalam konteks belanja langsung (live shopping) di platform e-commerce Indonesia, studi ini berupaya menganalisis peran pemasaran kelangkaan, pengaruh sosial, dan promosi penjualan terhadap FOMO (Fear of FoMo) dan dampaknya terhadap pembelian impulsif. Sebanyak 356 orang yang sering menggunakan fitur belanja langsung di berbagai platform e-commerce Indonesia mengisi survei yang dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga stimulus eksternal tersebut berpengaruh signifikan terhadap FOMO, yang kemudian juga secara signifikan mempengaruhi impulse buying. Selain itu, FOMO terbukti memediasi hubungan antara ketiga stimulus pemasaran tersebut dengan impulse buying. Hasil penelitian ini memperkuat penerapan model Stimulus-Organism-Response (SOR) dalam memahami perilaku konsumen digital. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan kajian psikologi konsumen dan pemasaran digital, serta implikasi praktis bagi pelaku bisnis dan e-commerce dalam merancang strategi promosi yang lebih efektif dan berorientasi pada perilaku konsumen.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: scarcity marketing, social influence, sales promotion, FOMO, impulse buying.
Subjects: Customer Behavior
Marketing
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Putri Syifa Humaira
Date Deposited: 15 Aug 2025 09:35
Last Modified: 15 Aug 2025 09:35
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11827

Actions (login required)

View Item View Item