PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PREFERENSI KOLB TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN PADA LEVEL PEMBELAJARAN DAN PERILAKU (MODEL KIRKPATRICK): STUDI PADA PT. REVASS UTAMA MEDIKA

Fattah, Abdul (2025) PENGARUH GAYA BELAJAR DAN PREFERENSI KOLB TERHADAP EFEKTIVITAS PELATIHAN PADA LEVEL PEMBELAJARAN DAN PERILAKU (MODEL KIRKPATRICK): STUDI PADA PT. REVASS UTAMA MEDIKA. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (504kB)
[thumbnail of BAB 1-3] Text (BAB 1-3)
01 BAB 1-3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
02 BAB 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
03 BAB 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (209kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya belajar Kolb terhadap efektivitas pelatihan Customer Management pada karyawan Divisi Sales PT. Revass Utama Medika, yang diukur melalui dua level evaluasi Kirkpatrick, yaitu Level 2 (pembelajaran) dan Level 3 (perilaku), serta mempertimbangkan peran preferensi belajar sebagai variabel moderator. Penelitian ini menggunakan metode total population sampling terhadap 58 responden yang seluruhnya merupakan peserta pelatihan. Pengumpulan data dilakukan satu minggu setelah pelatihan yang diselenggarakan secara daring, menggunakan instrumen kuesioner berbasis skala Likert. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar Kolb berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman materi (Level 2) dengan nilai p < 0,05, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap perubahan perilaku kerja (Level 3). Sebaliknya, preferensi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan perilaku kerja (p < 0,05). Efek moderasi preferensi belajar pada hubungan antara gaya belajar dan perilaku kerja tidak signifikan (p > 0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa kesesuaian metode pelatihan dengan preferensi individu berkontribusi terhadap penerapan hasil pelatihan di tempat kerja, sementara gaya belajar lebih berperan dalam membentuk pemahaman materi. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan mengintegrasikan model gaya belajar Kolb dan evaluasi pelatihan Kirkpatrick dalam satu kerangka analisis, serta kontribusi praktis bagi manajemen sumber daya manusia dalam merancang pelatihan yang adaptif terhadap cara belajar karyawan.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: gaya belajar Kolb, preferensi belajar, efektivitas pelatihan, Kirkpatrick Level 2, Kirkpatrick Level 3, PLS-SEM
Subjects: Management > Human Resource Management
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Abdul Fattah
Date Deposited: 20 Aug 2025 08:36
Last Modified: 20 Aug 2025 08:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11846

Actions (login required)

View Item View Item