ANALISIS STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING COMMUNICATION BRAND F&B INOVATIF(Studi Kasus pada Instagram @ijoozindonesia)

Adhiputri, Balqis Rahmadhani Suryatri (2025) ANALISIS STRATEGI SOCIAL MEDIA MARKETING COMMUNICATION BRAND F&B INOVATIF(Studi Kasus pada Instagram @ijoozindonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00. Cover.pdf - Accepted Version

Download (378kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mentransformasi industri food and beverage (F&B), mendorong munculnya brand inovatif seperti Ijooz Indonesia yang memanfaatkan vending machine berbasis AI untuk jus jeruk segar. Di tengah persaingan ketat dan tren media sosial, brand ini mengandalkan Instagram sebagai alat pemasaran utama untuk membangun awareness dan interaksi konsumen. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi brand F&B inovatif yang dilakukan oleh Ijooz Indonesia melalui Instagram. Tujuan penelitian adalah menganalisis strategi tersebut guna memberikan wawasan bagi pengembangan ilmu komunikasi pemasaran. Landasan teoritis mencakup komunikasi pemasaran (Kotler & Armstrong, 2021) dan social media marketing (Gunelius dalam Palda dkk., 2024; Pratama & Setianingrum, 2025), dengan fokus pada content creation, content sharing, dan connecting. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi kasus intrinsik, dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam terhadap tiga informan utama dari tim Ijooz, dua triangulator ahli, dan dua followers; serta studi dokumentasi konten instagram @ijoozindonesia. Analisis data melibatkan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Ijooz sejalan dengan teori, berhasil mencerminkan identitas merek fun dan sehat melalui konten estetik serta kolaborasi KOL, tetapi masih memiliki kekurangan pada konsistensi visual, engagement rendah, dan penanganan komentar negatif, sehingga diperlukan optimalisasi untuk meningkatkan brand awareness dan preferensi konsumen.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Strategi Social Media Marketing, Brand F&B Inovatif, Media Sosial, Instagram
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Balqis Rahmadhani Suryatri Adhiputri
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:51
Last Modified: 03 Sep 2025 03:51
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12095

Actions (login required)

View Item View Item