PENGUJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ATAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING BCA KANTOR WILAYAH 10

Amelia, Sakila (2025) PENGUJIAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL ATAS PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING BCA KANTOR WILAYAH 10. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (407kB)
[thumbnail of BAB 1 - BAB 3] Text (BAB 1 - BAB 3)
BAB I - BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (241kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerimaan teknologi penggunaan aplikasi mobile banking BCA, yaitu BCA Mobile dan MyBCA, dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) (Davis, 1989). Penelitian ini dimotivasi adanya ketimpangan antara tingginya jumlah pengguna kedua aplikasi dan rendahnya penilaian pengguna di platform seperti AppStore yang mengindikasikan potensi ketidakpuasan atau kendala dalam pengalaman pengguna, sehingga perlu pengujian lebih lanjut atas faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan teknologi oleh nasabah, terutama terkait persepsi kemudahan, manfaat, niat, dan perilaku penggunaan aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui e-kuesioner. Populasi penelitian ini adalah nasabah yang berada dalam cakupan Kantor Wilayah 10 BCA (Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Tigaraksa). Model TAM yang digunakan menguji empat variabel utama yaitu Perceived Ease of Use (PEU), Perceived Usefulness (PU), Behavioral Intention to Use (BIU), dan Actual Use (AU). Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling untuk memastikan proporsi responden yang merata di setiap wilayah dan aplikasi. Jumlah responden sebanyak 240 orang dengan distribusi sebanyak 30 responden untuk BCA Mobile dan MyBCA di setiap wilayah (Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Tigaraksa). Data dianalisis menggunakan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa PEU berpengaruh positif terhadap PU dan BIU, PU berpengaruh terhadap positif terhadap BIU; dan BIU berpengaruh positif terhadap AU. Aplikasi BCA Mobile menunjukkan kekuatan hubungan yang lebih tinggi pada penggunaan aktual, sedangkan aplikasi MyBCA memiliki nilai persepsi kemudahan dan kegunaan yang sedikit lebih tinggi. Hal ini mencerminkan bahwa pengguna masih dalam tahap adaptasi terhadap aplikasi MyBCA. Kata Kunci: Actual Use, Behavioral Intention to Use, Mobile Banking, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Actual Use, Behavioral Intention to Use, Mobile Banking, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness
Subjects: Accounting
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Sakila Amelia
Date Deposited: 12 Sep 2025 04:46
Last Modified: 12 Sep 2025 04:46
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12374

Actions (login required)

View Item View Item