Analisis Deskriptif Kuantitatif Content Marketing Indomie x NewJeans Di Instagram @Indomie Dalam Membentuk Minat Beli Produk Korean Ramyeon Series

Zayyah, Nyi Siti Nur Shafa (2025) Analisis Deskriptif Kuantitatif Content Marketing Indomie x NewJeans Di Instagram @Indomie Dalam Membentuk Minat Beli Produk Korean Ramyeon Series. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Cover.pdf - Accepted Version

Download (386kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (221kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pemasaran digital telah mendorong perusahaan untuk mengadopsi strategi content marketing yang inovatif, termasuk kolaborasi dengan Idol K-Pop untuk meningkatkan minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana content marketing Indomie x NewJeans di Instagram membentuk minat beli produk Korean Ramyeon Series. Landasan teoritis penelitian menggunakan teori komunikasi pemasaran, pemasaran digital, content marketing, dan model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel 100 responden penggemar NewJeans yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui survei online menggunakan instrumen skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Variabel content marketing diukur melalui lima dimensi yaitu reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factors, sedangkan minat beli diukur menggunakan model AIDA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel content marketing memperoleh respon positif dari komunitas @newjeansmf dengan rata-rata skor 4,10 pada dimensi reader cognition. Hal ini menandakan konten Indomie x NewJeans dinilai jelas, mudah dipahami, dan mampu menyampaikan pesan pemasaran secara efektif. Variabel minat beli memperoleh rata-rata 3,95 dengan dimensi dominan Attention, Interest, dan Desire, yang mengindikasikan bahwa konten berhasil menarik perhatian, menumbuhkan ketertarikan, serta membangkitkan keinginan konsumen untuk mencoba. Selain itu, 31% responden yang menilai konten marketing “menarik” juga menyatakan “sangat berminat” membeli Korean Ramyeon Series, yang berarti persepsi terhadap daya tarik konten berperan dalam membentuk minat beli. Sehingga, hasil temuan ini menandakan bahwa content marketing Indomie x NewJeans dapat membentuk minat beli produk Korean Ramyeon Series.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: AIDA; Content Marketing; Minat Beli; Media Sosial; Instagram; Newjeans
Subjects: Customer Behavior
Marketing
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nyi Siti Nur Shafa Zayyah
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:49
Last Modified: 12 Sep 2025 02:49
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12460

Actions (login required)

View Item View Item