DEVAMA, NABILA PUTRI (2025) ANALISIS KINERJA ANGKUTAN PENUMPANG UMUM KOTA BUKITTINGGI. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
![]() |
Text (COVER)
00. Cover.pdf - Accepted Version Download (405kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (185kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Bukittinggi merupakan salah satu kota wisata unggulan di Provinsi Sumatra Barat dengan karakteristik wilayah yang relatif kecil dan memiliki titik bangkitan serta tarikan aktivitas yang saling berdekatan. Dalam mendukung kelancaran mobilitas masyarakat, keberadaan angkutan penumpang umum memegang peranan penting. Namun, jumlah angkutan kota di Bukittinggi mengalami penurunan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, yang berpotensi mempengaruhi kualitas pelayanan transportasi. Penelitian ini menganalisis kinerja pelayanan eksisting angkutan penumpang umum Kota Bukittinggi, membandingkannya dengan standar kinerja ideal, serta memberikan rekomendasi teknis dan nonteknis untuk perbaikannya. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA), metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan analisis perbandingan kondisi eksisting terhadap standar yang berlaku. Pengumpulan data dilakukan melalui survei statis dan dinamis pada trayek C.006 dan D.003 yang melintasi objek wisata Jam Gadang. Berdasarkan analisis kinerja operasi pelayanan, diperoleh nilai faktor muat trayek C.006 dan D.003 lebih kecil dari nilai ideal, waktu antara, dan waktu henti lebih besar dari standar ideal. Dan hasil dari kinerja nonteknis didapat 3 atribut yang berada pada Kuadran I (prioritas utama), 6 atribut berada pada Kuadran II (pertahankan prestasi), 4 atribut pada Kuadran III (prioritas rendah) dan 2 atribut pada Kuadran IV yang dinilai berlebihan. Seluruh hasil analisis tersebut dikombinasikan untuk menyusun rekomendasi teknis dan nonteknis. Rekomendasi teknis yang diusulkan adalah penyesuaian headway dalam jam sibuk dan jam tidak sibuk. Sedangkan rekomendasi nonteknis adalah perencanaan ulang tarif angkutan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Penumpang Umum, Kinerja Pelayanan, Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). |
Subjects: | Civil Engineering > Transportation Engineering Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Nabila Putri Devama |
Date Deposited: | 10 Sep 2025 02:03 |
Last Modified: | 10 Sep 2025 02:03 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/12515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |