Analisis Proses Marketing Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Awareness Pulau Lombok Sebagai Kawasan Wisata Halal Di Indonesia

Sari, Winda Arnesta (2018) Analisis Proses Marketing Public Relations Dalam Upaya Meningkatkan Awareness Pulau Lombok Sebagai Kawasan Wisata Halal Di Indonesia. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
01. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
02. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
03. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of pdf]
Preview
Text (pdf)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of pdf] Text (pdf)
05. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Alasan peneliti memilih topik Pariwisata Halal karena sedang menjadi fenomena dimana status kehalalan menjadi faktor utama bagi wisatawan muslim, terlebih Indonesia memiliki penduduk dengan mayoritas beragama Islam. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk menganalisis Proses Marketing Public Relations dalam upaya meningkatkan awareness Pulau Lombok sebagai kawasan wisata halal di Indonesia. Proses MPR ini meliputi Situation Analysis, Objective, Target Audience, Message, Strategy, Tactis, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan teori Marketing Public Relations, untuk metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivis, dengan metode wawancara mendalam (in-depth interview). Hasil Pembahasan menunjukkan bahwa tahap pertama dari Proses MPR adalah analisis situasi berdasarkan analisis SWOT dan kompetitor, dimana kompetitor Lombok sebagai destinasi wisata halal adalah Provinsi Aceh dan Sumatera Barat. Tahap kedua adalah menentukan objektif, dimana objektifnya adalah mendorong percepatan pembangunan Pariwisata Halal NTB, sehingga dapat berkembang menjadi destinasi wisata yang atraktif dan kompetitif. Untuk tahap selanjutnya adalah Target Audiens dimana difokuskan untuk para wisatawan muslim yang produktif, yang gemar berwisata serta mementingkan aspek kehalalan dalam kehidupannya. Untuk pesan yang disampaikan adalah“Friendly Lombok and Halal Tourism”. Tahap selanjutnya adalah strategi taktik yang dilakukan Lombok adalah Melakukan Promosi dan Pemasaran, Pengembangan Destinasi serta Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Kelembagaan. Dan tahap terakhir adalah evaluasi, dimana evaluasi ini merupakan pengukuran dari tercapai tidaknya tujuan yang dibuat. Simpulan yang didapatkan dari Proses MPR Pulau Lombok sebagai destinasi halal ternyata dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Lombok karena ketertarikannya dengan alam dan konsep halal yang diberikan. Selebihnya Program tersebut secara keseluruhan dilakukan dengan cukup baik, karena masih terdapat hambatan berupa kegiatan yang tidak sesuai dengan perencanaan. Kata Kunci : Marketing Public Relations, Brand Awareness, Pariwisata Halal, Halal Tourism Lombok

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Marketing Public Relations, Brand Awareness, Pariwisata Halal, Halal Tourism Lombok
Subjects: Communication Science
Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Winda Arnesta Sari
Date Deposited: 30 Aug 2018 10:54
Last Modified: 30 Aug 2018 10:54
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item