Viomega, Evelin (2019) Pemetaan Proses Bisnis Impor Suku Cadang Motor Besar Ikonik dan Lama Waktu Proses. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover. pdf.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf Download (83kB) | Preview |
Text (pdf)
05. Lampiran. pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan proses bisnis impor suku cadang motor besar ikonik dan lama waktu proses sebagai suatu tahap penting di dalam proses penanganan dan penyelesaian keluhan para dealer motor besar ikonik tersebut. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif (observasi dan wawancara) dan analisa statistik deskriptif terhadap data sekunder yang bersifat kuantitatif. Penelitian dilakukan terhadap suatu perusahaan yang melakukan proses impor dan belum memiliki SOP maupun standar waktu yang jelas untuk total hari yang dibutuhkan mulai dari waktu pesanan (order) dealer diterima oleh Supplier dan diinformasikan kepada perusahaan Importir sampai dengan barang yang dipesan (ordered goods) tersebut diterima oleh dealer sehingga membutuhkan pemetaan proses bisnis. Pemetaan proses bisnis dilakukan dengan metode observasi partisipatif dan validasi dilakukan melalui proses wawancara. Lama waktu proses impor yang masih dapat ditolerir oleh dealer, menggunakan analisa statistik deskriptif data sekunder. Proses yang dapat menjadi sumber adanya keluhan dealer sebagai pelanggan mengenai lama waktu pelayanan namun perincian sub proses terkendala oleh adanya hambatan struktural inter-organisasi yaitu di areal 1 dimana Sales Order menerima Order Acknowledgement dari Supplier dan tanggal delivery plan yang tidak sesuai dengan tanggal yang tercantum di Order Acknowledgement. Dari data scatterplot di setiap dealer, semakin tinggi nilai barang maka dealer cenderung akan komplain atas lama waktu penerimaan barang. Kemungkinan lama waktu yang masih dapat ditoleransi pelanggan dengan tingkat ketidakpuasan tertentu bisa diusukan sebagai standar waktu proses pelayanan di dalam SOP perusahaan kelak.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Impor, suku cadang motor, Standar Operasional Prosedur (SOP), pemetaan proses bisnis |
Subjects: | Management > Business Process Management Management Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Evelin Viomega |
Date Deposited: | 22 Feb 2019 03:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2019 03:22 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2156 |
Actions (login required)
View Item |