Putri, Nadira Agatha (2019) ANALISIS GAYA HIDUP K-POPERS JAKARTA DALAM MEMBENTUK KEPUTUSAN PEMBELIAN MERCHANDISE K-POP. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (pdf)
00. Cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (pdf)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (pdf)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (pdf)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Preview |
Text (pdf)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (362kB) | Preview |
Text (pdf)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Fenomena Hallyu Wave dimulai dengan ditayangkannya drama “Endless Love”, “Full House”, dan “Boys Before Flower” yang menjadi awal masuknya gelombang budaya Korea Selatan ke Indonesia. Difasilitasi dengan segala brand Korea yang masuk ke Indonesia, makanan Korea yang mudah ditemui, serta gaya berpakaian yang stylish perempuan Korea, membuat munculnya fans yang akhirnya membentuk keputusan pembelian terhadap barang-barang tersebut. Fans-fans inilah yang disebut dengan K-Popers, yang dapat dikaitkan dengan istilah komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gaya hidup K-Popers Jakarta dalam membentuk keputusan pembelian merchandise K-Pop. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif etnografi dengan melakukan observasi lapangan dan wawancara mendalam terhadap 6 informan dari 3 komunitas K-Popers yang berbeda dengan metode purposive sampling. Pemilihan informan dilakukan kepada para K-Popers Mahasiswa dan Karyawan di Jakarta baik perempuan maupun laki-laki yang berusia 18-30 tahun dan melakukan pembelian merchandise K-Pop minimal sebanyak 2x dalam sebulan, serta menonton konser K-Idolnya sebanyak 2x dalam kurun waktu 6 bulan. Dilihat dari aktivitas, ketertarikan, serta opininya, gaya hidup K-Popers Jakarta memiliki tingkat konsumerisme dan sifat gengsi yang tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keikutsertaan K-Popers dalam sebuah komunitas memunculkan rasa persaingan antar anggota dalam belomba-lomba untuk memiliki merchandise K-Pop. Kata kunci: gaya hidup, budaya popular, hallyu wave, K-Popers, keputusan pembelian, merchandise.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya hidup, budaya popular, hallyu wave, K-Popers, keputusan pembelian, merchandise. |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Marketing Communications Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | NADIRA AGATHA PUTRI |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 06:44 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 06:44 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/2796 |
Actions (login required)
View Item |