Safitri, Hana (2020) ANALISIS KOMUNIKASI INTERNAL DALAM KEPANITIAAN PADA PROGRAM HUMAS (Studi Kasus Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (RI)). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Preview |
Text (Cover)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (1MB) | Preview |
Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (833kB) |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (318kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (479kB) |
Abstract
Suatu perusahaan atau organisasi termasuk dalam kategori sehat jika hubungan antar stakeholder internal nya harmonis. Peran dan fungsi PR adalah membangun hubungan baik antara stakeholder eksternal maupun internalnya dengan membuat program-program. Salah satunya adalah membuat program tahunan seperti Program Olahraga dan Seni (Porseni) yang diselenggarakan setiap awal bulan Agustus hingga perayaan HUT RI. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat aliran komunikasi antara panitia dengan ketua pelaksana dalam acara Porseni yang mana sebagai acara tahunan dari program Hubungan Masyarakat (Humas) di Kementerian Komunikasi dan informatika (Kominfo), lalu menjelaskan penggunaan media komunikasi yang digunakan untuk berkoordinasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus intrinsik, dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran komunikasi ke atas, aliran aliran komunikasi ke bawah, dan komunikasi lateral sudah cukup terbuka antara ketua pelaksana dan seluruh panitia Porseni, hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh Devito. Lalu, media penyaluran komunikasi yang digunakan jika dilihat dari tiga media menurut Laksamana, panitia Porseni hanya menggunakan media langsung yaitu rapat, technical meeting, dan koordinasi langsung. Sedangkan media komunikasi tertulis yang digunakan yaitu melalui whatsapp group dan undangan resmi. Selanjutnya katergori mix media panitia Porseni hanya menggunakan website resmi dalam menyampaikan pesan dan informasi. Dalam memaksimalkan komunikasi dan informasi, panitia perlu memaksimalkan kategori mix media seperi sosial media dan intranet yang dapat menyampaikan saran dan masukan peserta secara langsung sebagai perbaikan program di tahun-tahun berikutnya Kata kunci: Komunikasi Internal, Humas, mix media, Porseni
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Internal, Humas, mix media, Porseni |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Hana Safitri |
Date Deposited: | 25 Feb 2020 11:10 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 11:10 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3259 |
Actions (login required)
View Item |