ANALISIS STRATEGI BLUE OCEAN PADA BIRO PERJALANAN TERTA TOUR

Kostra, Rayyan Dimas Putra (2020) ANALISIS STRATEGI BLUE OCEAN PADA BIRO PERJALANAN TERTA TOUR. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Persaingan di sektor bisnis industri biro perjalanan semakin meningkat dengan adanya perkembangan teknologi dan munculnya biro perjalanan daring. Biro perjalanan Terta Tour sebagai perusahaan biro perjalanan konvensional menghadapi tantangan yang berat untuk dapat mempertahankan bisnisnya. Penelitian analisis strategi blue ocean ini memberi gambaran solusi alternatif bagi Terta Tour dalam menghadapi persaingan yang ada. Kerangka analisis yang digunakan menggunakan pendekatan teori strategi blue ocean dengan delapan faktor penting persaingan yang diidentifikasi, yakni: persaingan harga, pelayanan, kecepatan, kepercayaan, penawaran promo-promo, penawaran alternatif, keramahan, dan pemanfaatan teknologi. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa kondisi usaha sektor industri biro perjalanan kecil akan semakin sulit. Dua faktor yang harus diperhatikan oleh Terta Tour adalah kepercayaan (hubungan baik) yang harus dipertahankan/ditingkatkan dan teknologi yang juga harus ditingkatkan. Namun kemampuan peningkatan teknologi akan sangat terbatas bila dibandingkan dengan teknologi dari pesaing biro perjalanan daring. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa disarankan untuk Terta Tour segera merencanakan pembuatan biro perjalanan daring agar tidak ketinggalan, blue ocean dari Terta Tour dalam jangka pendek akan dimiliki sepanjang hubungan baik dan kepercayaan pelanggan dapat dipertahankan. Dalam jangka panjang Terta Tour perlu mempertimbangkan perubahan besar keluar dari sektor industri biro perjalanan yang dijalani saat ini. Perencanaan finansial menjadi pertimbangan yang penting untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: biro perjalanan konvensional, biro perjalanan daring, Terta Tour, strategi blue ocean, perencanaan finansial
Subjects: Management > Company Sustainability
Management > Corporate Strategy
Management > Corporate Sustainability Strategy
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rayyan Dimas Putra Kostra
Date Deposited: 23 Aug 2020 07:22
Last Modified: 23 Aug 2020 07:22
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/3596

Actions (login required)

View Item View Item