Iman, Nur (2021) ANALISIS SIKAP PELAKU JASA TITIPAN TERHADAP KOMUNIKASI PUBLIK KEBIJAKAN PENERTIBAN JASA TITIPAN IMPOR. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version Download (813kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (53kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (126kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena jasa titipan muncul sebagai solusi bagi sebagian orang yang ingin membeli suatu produk tanpa harus repot mendatangi daerah tempat barang tersebut bisa dibeli. Seiring berjalannya waktu, dalam praktiknya, pada kegiatan jasa titipan impor ditemukan pelanggaran ketentuan terkait impor barang yaitu dengan cara memecah barang pesanan jasa titipan kepada orang-orang dalam suatu rombongan penumpang sebagai upaya penghindaran pajak atas batas nilai pembebasan USD500 per orang yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017. Untuk itu, diperlukan analisis sikap para pelaku jasa titipan terhadap komunikasi publik kebijakan ini untuk mencipatakan upaya komunikasi yang baik sehingga masyarakat paham terkait kebijakan dan menaati ketentuan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Kebijakan serta teori Komponen Sikap. Hasil penelitian menunjukkan perlunya spesifikasi segmentasi kelompok sasaran audiens untuk pendekatan yang berbeda-beda dalam diseminasi informasi kebijakan jastip; perlunya sosialisasi yang lebih masif terkait key message pemahaman barang pribadi dan barang non pribadi; perlunya internalisasi panduan umum untuk mengarahkan kepada call center bagi seluruh pegawai Bea Cukai dikarenakan seluruh pegawai berpotensi menjadi saluran informasi informal bagi kerabat yang membutuhkan edukasi; dan meningkatkan pengawasan kepada petugas demi terciptanya integritas sehingga mendorong para pelaku jastip untuk mau secara sadar berpartisipasi dalam proses penegakan aturan.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Kebijakan, Kebijakan Publik, Sikap, Persepsi Publik |
Subjects: | Communication Science > Corporate Communication Communication Science > Mass Media Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Nur Iman |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 07:15 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 07:15 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5044 |
Actions (login required)
View Item |