ANALISIS SIKAP PELAKU JASA TITIPAN TERHADAP KOMUNIKASI PUBLIK KEBIJAKAN PENERTIBAN JASA TITIPAN IMPOR

Iman, Nur (2021) ANALISIS SIKAP PELAKU JASA TITIPAN TERHADAP KOMUNIKASI PUBLIK KEBIJAKAN PENERTIBAN JASA TITIPAN IMPOR. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (813kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Fenomena jasa titipan muncul sebagai solusi bagi sebagian orang yang ingin membeli suatu produk tanpa harus repot mendatangi daerah tempat barang tersebut bisa dibeli. Seiring berjalannya waktu, dalam praktiknya, pada kegiatan jasa titipan impor ditemukan pelanggaran ketentuan terkait impor barang yaitu dengan cara memecah barang pesanan jasa titipan kepada orang-orang dalam suatu rombongan penumpang sebagai upaya penghindaran pajak atas batas nilai pembebasan USD500 per orang yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017. Untuk itu, diperlukan analisis sikap para pelaku jasa titipan terhadap komunikasi publik kebijakan ini untuk mencipatakan upaya komunikasi yang baik sehingga masyarakat paham terkait kebijakan dan menaati ketentuan yang berlaku. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Kebijakan serta teori Komponen Sikap. Hasil penelitian menunjukkan perlunya spesifikasi segmentasi kelompok sasaran audiens untuk pendekatan yang berbeda-beda dalam diseminasi informasi kebijakan jastip; perlunya sosialisasi yang lebih masif terkait key message pemahaman barang pribadi dan barang non pribadi; perlunya internalisasi panduan umum untuk mengarahkan kepada call center bagi seluruh pegawai Bea Cukai dikarenakan seluruh pegawai berpotensi menjadi saluran informasi informal bagi kerabat yang membutuhkan edukasi; dan meningkatkan pengawasan kepada petugas demi terciptanya integritas sehingga mendorong para pelaku jastip untuk mau secara sadar berpartisipasi dalam proses penegakan aturan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kebijakan, Kebijakan Publik, Sikap, Persepsi Publik
Subjects: Communication Science > Corporate Communication
Communication Science > Mass Media Communication
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Iman
Date Deposited: 25 Aug 2021 07:15
Last Modified: 25 Aug 2021 07:15
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item