EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTEN HUMOR VIRAL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MEREK DAN MINAT BERLANGGANAN ULANG (Studi Kasus: Pelanggan Netflix Indonesia)

Putri, Retno Hartika (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KONTEN HUMOR VIRAL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN MEREK DAN MINAT BERLANGGANAN ULANG (Studi Kasus: Pelanggan Netflix Indonesia). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00 COVER.pdf - Submitted Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Netflix adalah perusahaan penyedia layanan streaming video-on-demand (VOD) digital yang berpusat di Los Gatos, California, Amerika Serikat. Saat ini, Netflix menjadi salah satu layanan streaming VOD terpopuler di Indonesia. Namun, harga berlangganan Netflix yang relatif tinggi di antara para pesaingnya menjadi ancaman bagi Netflix dalam menarik kembali pelanggannya. Untuk membedakan dari para pesaingnya, Netflix menggunakan strategi komunikasi pemasaran melalui penggunaan konten humor ‘meme’ dan melakukan interaktivitas pada media sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah penggunaan humor dan interaktivitas dapat membangkitkan minat berlangganan ulang pengguna Netflix Indonesia. Ada beberapa faktor yang menjembatani humor dan interaktivitas dengan minat berlangganan ulang: viralitas (elektronik mulut-ke-mulut/e-WoM), citra merek, keterikatan pelanggan-merek, dan kepercayaan merek. Dalam penelitian ini, data kuantitatif dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner terstruktur yang disebarkan dalam bentuk google form dan melibatkan 202 responden. Penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menganalisis hubungan antara humor, interaktivitas, viralitas, citra merek, keterikatan pelanggan-merek, kepercayaan merek, dan minat berlangganan ulang. Sementara itu, data kualitatif didapatkan melalui wawancara mendalam untuk mengeksplorasi lebih dalam mengenai persepsi pelanggan mengenai keunggulan dan kelemahan Netflix Indonesia yang berkaitan dengan indikator pada kontsruk penelitian guna memberikan wawasan dan pemahaman yang akan membantu peningkatan kualitas Netflix dan pelaku usaha VOD lainnya di masa mendatang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13 dari 14 hipotesis penelitian yang memiliki pengaruh positif dan signifikan di antaranya: humor dan interaktivitas pada viralitas konten; viralitas konten pada citra merek dan keterikatan pelanggan-merek; interaktivitas pada viralitas konten, citra merek, dan keterikatan pelanggan-merek; citra merek pada keterikatan pelanggan-merek dan kepercayaan merek; keterikatan pelanggan-merek pada kepercayaan merek dan minat berlangganan ulang; keterikatan pelanggan-merek pada minat berlangganan ulang melalui mediasi kepercayaan merek; dan kepercayaan merek pada minat berlangganan ulang. Sedangkan, citra merek tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan pada minat berlangganan ulang, namun pengaruh secara tidak langsung menghasilkan pengaruh positif dan signifikan melalui mediasi kepercayaan merek. Implikasi manajerial dapat diaplikasikan oleh pelaku usaha di bidang VOD untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan minat berlangganan ulang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Netflix, Video-on-demand (VOD), Humor, Interaktivitas, Viralitas (e-WoM), Citra Merek, Keterikatan Pelanggan-Merek, Kepercayaan Merek, Minat Berlangganan Ulang
Subjects: Marketing > Branding (Marketing)
Customer Behavior
Marketing
Communication Science > Marketing Communications
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Teknik Industri
Depositing User: Retno Hartika Putri
Date Deposited: 20 Aug 2022 09:46
Last Modified: 20 Aug 2022 09:46
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6570

Actions (login required)

View Item View Item