Nafilah, Ainaya (2023) PENERIMAAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK KASTENGEL BERBASIS TEPUNG MOCAF. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 Cover.pdf - Submitted Version Download (459kB) | Preview |
Text (BAB I-II)
01 BAB I-II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
02 BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
03 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (234kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
Abstract
Mocaf (Modified Cassava Flour) merupakan produk olahan singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu secara fermentasi. Mocaf memiliki potensi sebagai bahan baku pembuatan kastengel. CV Cassafood Ciptakarya Anagata (CCA) sedang melakukan pembuatan kastengel berbasis tepung mocaf, terdapat 3 formulasi uji coba. Dari ketiga formula tersebut CV CCA ingin mengetahui formula yang paling diterima oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik sensori produk kastengel berbasis tepung mocaf dengan metode Free Choice Profiling (FCP), mengetahui penerimaan konsumen terhadap produk kastengel berbasis tepung mocaf dan menentukan formula yang paling diterima konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 5 tahapan, tahap pertama Penelitian Pendahuluan dengan uji kuesioner dan uji coba pembuatan kastengel formula 2 dan 3. Tahap kedua yaitu analisis tepung mocaf dengan melakukan pengujian fisik, kehalusan dan kadar air sesuai SNI-7622:2011. Tahap ketiga pembuatan kastengel formula 1, 2, dan 3. Tahap keempat uji deskripsi dengan Free Choice Profiling (FCP) untuk menentukan atribut sensori. Tahap kelima uji FCP untuk mengetahui skala intensitas dari atribut sensori yang telah dipilih dan uji hedonik dengan 2 kali ulangan di hari yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan atribut sensori paling banyak dideskripsikan (most frequent attributes) oleh panelis yaitu, warna kuning, aroma keju, rasa asin, rasa gurih, tekstur renyah, tekstur lembut, dan aftertaste asin. Berdasarkan hasil analisis statistik GPA, diketahui bahwa sampel formula 1 didominasi atribut aroma keju, rasa asin, rasa gurih, tekstur renyah dan aftertaste asin. Sampel formula 3 didominasi tekstur lembut. Sampel formula 2 tidak didominasi seluruh atribut. Kemudian panelis menganggap atribut warna kuning tidak mendominasi sampel, baik sampel formula 1, 2 maupun 3. Nilai rata-rata uji hedonik sampel formula 1, 2, dan 3 masing-masing sebesar 6.12, 5.88, dan 6.12, secara keseluruhan panelis menilai sampel dengan penilaian “netral” hingga “agak suka”. Dengan hasil uji ANOVA mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0.790 yaitu lebih besar dari 0.05. Sehingga tingkat kesukaan panelis terhadap sampel formula 1, 2 dan 3 tidak berbeda nyata. Ditambahkan 1 pendekatan untuk memilih satu formula, yaitu dengan pendekatan ekonomi. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa formula 3 merupakan formula yang paling ekonomis untuk dipilih karena memiliki HPP yang paling rendah yaitu Rp 40,854 untuk 1 toples berisi 40 pcs kastengel. Sedangkan untuk formula 1 dan formula 2 masing-masing sebesar Rp 53,806 dan Rp 47,100.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mocaf, kastengel, profil sensori, uji FCP, uji hedonik. |
Subjects: | Food Science and Technology > Analisis Sensori Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Ainaya Nafilah |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 04:27 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 04:27 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/7934 |
Actions (login required)
View Item |