Tresnadi, Billi Aurizza (2024) Strategi Keberlanjutan Perusahaan Melalui Transformasi Program Corporate Social Responsibility Menjadi Creating Shared Value Dengan Menerapkan Prinsip Good Corporate Governance (Studi Kasus pada Lini Bisnis Otomotif PT Astra International Tbk). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Submitted Version Download (377kB) | Preview |
Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (870kB) |
|
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (56kB) |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
04. Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version Download (211kB) | Preview |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (292kB) |
Abstract
Industrialisasi telah membawa dunia ke era baru dimana kegiatan manusia menyebabkan kerusakan lingkungan dan kesenjangan sosial, yang dapat membahayakan manusia itu sendiri. Menyikapi hal ini, pada tahun 2015, Perserikatan Bangsa-Bangsa meluncurkan 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Di Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Bursa Efek Indonesia telah berkomitmen untuk meningkatkan praktik ESG di pasar modal Indonesia dan mendorong investasi berkelanjutan jangka panjang. Hal ini mendorong perusahaan untuk menjalankan bisnisnya secara keberlanjutan sehingga dibutuhkan strategi keberlanjutan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada lini bisnis otomotif PT Astra International Tbk. Wawancara mendalam dan analisis dokumen dipilih sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah middle manager dari internal Grup Astra yang bertanggungjawab pada pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR). Terdapat 3 tahapan dalam analisis data pada penelitian ini, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Astra telah berhasil mengintegrasikan nilai ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam strategi bisnisnya, yaitu Triple-P Roadmap Strategy yang terdiri dari 3 pilar: Portfolio, People Roadmap, dan Public Contribution. Melalui pilar Public Contribution, Astra mentransformasikan program CSR menjadi Creating Shared Value (CSV) dengan mengintegrasikan program CSR dengan kegiatan manajemen bisnisnya. Strategi ini dilaksanakan dengan menerapkan prinsip Good Corporate Governance yang kemudian berhasil menjadikan Astra sebagai Good Corporate Citizen.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Strategi Keberlanjutan Perusahaan, Corporate Social Responsibility, Creating Shared Value, Good Corporate Governance |
Subjects: | Management > Company Sustainability Management > Corporate Governance Management > Corporate Social Responsibility Management > Corporate Strategy Management > Corporate Sustainability Strategy Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Manajemen |
Depositing User: | Billi Aurizza Tresnadi |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 04:52 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 04:52 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9167 |
Actions (login required)
View Item |