Wahid, Anaz Rizky Agung Nur (2024) PERAN AKUN RESMI INSTAGRAM PB HMI DALAM PEMENUHAN INFORMASI TENTANG ORGANISASI. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (COVER)
COVER.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I - III)
BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (29kB) | Request a copy |
Abstract
Pada awal tahun 2023, Indonesia menjadi negara dengan jumlah pengguna Instagram terbanyak ke-4 di dunia, yakni 89,15 juta penguna. Salah satu organisasi yang memanfaatkan Instagram untuk berkomunikasi adalah pengurus besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) dengan nama pengguna @officialpbhmi. Per tanggal 11 Oktober 2023, akun Instagram @officialpbhmi memiliki lebih dari 33 ribu pengikut dan lebih dari 230 unggahan baik berupa foto maupun video. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification yang dipopulerkan oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz pada tahun 1974. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pengelola dan followers akun Instagram @officialpbhmi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, studi kepustakaan, dan observasi. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa berdasarkan lima asumsi dasar dari teori Uses and Gratification yang dapat menjelaskan pemenuhan informasi, peran akun resmi instagram PB HMI dalam pemenuhan informasi tentang organisasi masih belum terpenuhi. Akun resmi Instagram PB HMI belum memenuhi kebutuhan informasi tentang organisasi, sehingga diperlukan media lain untuk memenuhi informasi tentang organisasi tersebut, yaitu WhatsApp.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemenuhan Informasi, Peran Akun Resmi Instagram, PB HMI, Teori Uses and Gratification |
Subjects: | Communication Science > Digital Communication Communication Science > Journalism Communication Science > Mass Media Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Anaz Rizky Agung Nur Wahid |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:49 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:49 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9463 |
Actions (login required)
View Item |