ANALISIS RESEPSI GEN Z TERHADAP KECANTIKAN WANITA INDONESIA BERDASARKAN LAGU ‘INDO BLACK MAGIC’ KARYA JEBUNG FT BASBOI

Aliasaidina, Adinda (2024) ANALISIS RESEPSI GEN Z TERHADAP KECANTIKAN WANITA INDONESIA BERDASARKAN LAGU ‘INDO BLACK MAGIC’ KARYA JEBUNG FT BASBOI. Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1-3] Text (BAB 1-3)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis resepsi generasi Z terhadap kecantikan wanita Indonesia berdasarkan lagu “Indo Black Magic” karya Jebung ft. Basboi dengan menggunakan teori resepsi dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Gen Z menerima dan memaknai pesan kecantikan yang disampaikan melalui lagu tersebut dalam tiga posisi yaitu dominant hegemoni position, negotiated position dan opositional position. Metode penelitian yang digunakan adalah encoding- decoding dari Stuart Hall. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dan focus group discussion (FGD) dengan responden yang terdiri dari 16 generasi Z. Hasil penelitian menunjukan pada dominan hegemonic position, Gen Z memaknai bahwa lagu Indo Black Magic dapat mengajak masyarakat menghargai keragaman warna kulit di Indonesia seperti putih, sawo matang dan kuning langsat. Tidak hanya itu saja, informan menyatakan bahwa lagu ini mendorong wanita Indonesia untuk tampil percaya diri dan apa adanya. Selanjutnya pada negotiated position Gen Z mengatakan bahwa lagu ini hanya sebatas bentuk “women support women” saja. Pada opositional position pandangan Gen Z tidak relevan dengan realita sosial yang ada, dimana Gen Z melihat kulit yang putih merupakan penggambaran kecantikan. Kemudian hasil keseluruhan dari penelitian bahwa resepsi Gen Z dalam memaknai kecantikan wanita Indonesia disesuaikan dengan standar kecantikan dalam warna tubuh, seperti kulit putih, sawo matang dan kuning langsat, merupakan hasil dari pemberitaan di media massa.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Resepsi, kecantikan, encoding-decoding
Subjects: Marketing > Customer Relations Management (CRM)
Knowledge Management > Knowledge Management Models
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Adinda Aliasaidina
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:32
Last Modified: 09 Aug 2024 08:32
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9723

Actions (login required)

View Item View Item