ANALISIS PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING MENJADI MANUSIA DALAM MENINGKATKAN SELF-ACCEPTANCE GENERASI Z (Studi Kasus: Konten YouTube Menjadi Manusia “Seberapa Suka Kamu Sama Diri Sendiri?”)

Wibowo, Shafira Larasati (2022) ANALISIS PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING MENJADI MANUSIA DALAM MENINGKATKAN SELF-ACCEPTANCE GENERASI Z (Studi Kasus: Konten YouTube Menjadi Manusia “Seberapa Suka Kamu Sama Diri Sendiri?”). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01 BAB I - III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Banyak konten yang mengemas tentang bagaimana cara mengenal diri dengan membentuk identitas diri yang berkarakter, salah satunya ialah melalui media sosial. Lalu, dari pengemasan tersebut ternyata terjadi proses self-acceptance bagi mereka yang mengkonsumsinya. Hal ini yang menarik, bagaimana pemanfaatan YouTube sebagai social media marketing dalam meningkatkan self-acceptance. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana strategi yang dilakukan oleh Menjadi Manusia dalam pengemasan konten yang berjudul “Seberapa Suka Kamu Sama Diri Sendiri?” melalui YouTube sebagai strategi komunikasi pemasaran digital. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah social media marketing serta faktor-faktor yang berperan dalam proses penerimaan diri. Selanjutnya, penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus di mana dalam penelitian ini melibatkan tiga informan dan dua informan ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial YouTube efektif dalam membantu Menjadi Manusia menyebarkan konten edukasi untuk para subscribers karena didukung dengan fitur YouTube Video dengan durasi panjang dalam memahami proses penerimaan diri. Kemudian, salah satu dari empat aktifitas pemasaran media sosial ternyata belum maksimal dilakukan yakni community building di mana belum meratanya promosi mengenai komunitas, sehingga banyak subscriber yang belum mengetahui ada komunitas Teman Manusia. Lalu, dalam setiap konten yang dibangun oleh Menjadi Manusia dilakukan dengan pendekatan storytelling dengan tujuan memudahkan para subscribers dalam menerima informasi edukasi kesehatan mental melalui cerita para narasumber yang pernah mengalami berbagai kondisi kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: social media marketing, community building, self-acceptance, storytelling, YouTube
Subjects: Communication Science > Marketing Communications
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Shafira Larasati Wibowo
Date Deposited: 19 Aug 2022 05:01
Last Modified: 19 Aug 2022 05:01
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6548

Actions (login required)

View Item View Item