ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN MATA UANG RUPIAH DI WILAYAH KERJA KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA SOLO

Asharli, Anang Dwi Mau (2023) ANALISIS PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN MATA UANG RUPIAH DI WILAYAH KERJA KANTOR PERWAKILAN BANK INDONESIA SOLO. Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I - III] Text (BAB I - III)
01. BAB I - BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. LAMPIRAN.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (806kB)

Abstract

Rupiah bukan hanya sebatas sebagai alat transaksi saja. Rupiah adalah simbol kedaulatan negara, uang Rupiah harus di jaga dengan segala upaya. Bank Indonesia mengajak masyarakat untuk lebih bertanggung jawab dalam merawat uang dengan tidak melakukan tindakan seperti mencoret, melipat, membasahi, meremas, merobek, atau perilaku lain yang dapat merusak atau memperpendek usia uang. Pada tahun 2022, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo mengalami kenaikan pemusnahan uang Rupiah menjadi 8,89 triliun Rupiah yang tahun sebelumnya sekitar 6,8 triliun Rupiah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena penggunaan dan pandangan masyarakat dalam menggunakan Rupiah, mengetahui perlakuan masyarakat terhadap Rupiah, dan mengetahui penggerak dan penghalang penggunaan Rupiah. Metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif dilakukan di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa masyarakat mengetahui cara merawat uang akan tetapi cenderung tidak melakukan seperti yang seharusnya. Perlunya perubahan perilaku yang positif dengan tujuan usia edar uang di masyarakat menjadi lebih Panjang. Masyarakat cenderung buru-buru dalam memperlakukan uang, menyimpan dikantong karena dianggap simple, dan merasa uang tersebut sudah lusuh dari sebelumnya. Menggunakan uang digital menjadi alternatif dalam transaksi karena cepat dan efisien. Promosi Kampanye Cinta Bangga Paham Rupiah harus semakin luas dan dapat mencapai seluruh kalangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Cinta Bangga Paham Rupiah, Perubahan Perilaku, Perilaku Konsumen, Promosi, Uang Digital
Subjects: Customer Behavior
Management
Finance > Money
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Anang Dwi Mau Asharli
Date Deposited: 29 Aug 2023 10:36
Last Modified: 29 Aug 2023 10:36
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item