Analisis Semiotika Strategi Seni Penolakan Pada Iklan Layanan Masyarakat #AwasModus "Tolak Dengan Anggun" di Youtube (Kajian Metode Charles Sanders Pierce)

Nabila, Ananda Resky (2023) Analisis Semiotika Strategi Seni Penolakan Pada Iklan Layanan Masyarakat #AwasModus "Tolak Dengan Anggun" di Youtube (Kajian Metode Charles Sanders Pierce). Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of Cover]
Preview
Text (Cover)
00. Cover.pdf.pdf - Submitted Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (883kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
04. BAB Daftar Pustaka.pdf.pdf - Submitted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Semakin maraknya kasus penipuan online perbankan di Indonesia menunjukkan bahwa dengan kemajuan era ini juga menjadi tantangan baru yaitu meningkatnya kesulitan dalam keamanan data, kebijakan privasi, hingga munculnya ketimpangan akses akan teknologi. kejahatan perbankan yang paling sering terjadi ialah penipuan kartu kredit (carding), pemalsuan cek, pembobolan rekening, penipuan lelang online, pencurian identitas, dan lain-lain. Bank BCA merilis iklan layanan masyarakat guna mengedukasi terhadap kebijakan keamanan privasi khalayak dalam menyebarkan data pribadi ke orang lain. penelitian ini akan dikaji melalui pendekatan semiotika prinsip Charles Sanders Pierce dengan menganalisis Triangle of meaning yang meliputi tiga kategori yakni sign, object, dan interpretant untuk melihat implikasi penerapan strategi seni penolakan yang ditampilkan pada iklan layanan masyarakat Bank BCA. Metode penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data diperoleh berdasarkan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan triangulasi data yang digunakan pada penelitian ini yakni akan melakukan wawancarai Adek Risma Dedees, S.S., M.A., M.A dan Ananda Zhafira M.Psi., Psikolog sebagai triangulator untuk menguji keabsahan analisis dalam iklan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Bank BCA #AwasModus “Tolak Dengan Anggun” telah menampilkan hasil makna (interpretant) melalui acuan tanda objek dan simbolisasi yang merepresentasikan bagaimana sistem budaya seni penolakan diterapkan dalam menghadapi situasi penipuan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Penipuan Online, Kejahatan perbankan, Iklan layanan masyarakat Bank BCA, Semiotika Charles Sanders Pierce, Penolakan
Subjects: Communication Science > Semiotics and Consumer Culture
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ananda Resky Nabila
Date Deposited: 31 Aug 2023 04:27
Last Modified: 31 Aug 2023 04:27
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item