ANALISIS SENTIMEN PASCA PELATIHAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PT. X.)

Kirana, Astried Finnia Ayu (2024) ANALISIS SENTIMEN PASCA PELATIHAN KESEHATAN KESELAMATAN KERJA (STUDI KASUS PT. X.). Tesis (S2) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.

[thumbnail of COVER]
Preview
Text (COVER)
00.cover.pdf - Submitted Version

Download (452kB) | Preview
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01.BAB I -BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02.BAB IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03.BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05.LAMPIRAN (1).pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan hal yang tidak terpisahkan dalam sistem ketenagakerjaan dan sumber daya manusia. K3 tidak saja sangat penting dalam meningkatkan jaminan sosial dan kesejahteraan para pekerjanya akan tetapi jauh dari itu K3 mempunyai dampak positif atas keberlanjutan produktivitas kerja. Permasalahan yang dihadapi perusahaan yaitu masih tingginya risiko kecelakaan kerja karena kurangnya penekanan kebijakan K3 di perusahaan serta masih banyak pekerja yang tidak memahami bahkan mengabaikan pentingnya K3 terhadap tenaga kerja itu sendiri dan terhadap Perusahaan. PT. X adalah salah satu Perusahaan yang bergerak dalam bidang pembinaan K3 yang berkompetisi dengan 200 perusahaan yang tersebar di Indonesia. Oleh sebab itu, beberapa Perusahaan telah mengikuti pelatihan K3 khususnya bidang Ahli K3 Umum yang diselenggarakan oleh PT.X untuk menekan terjadinya resiko kecelekaan kerja. PT.X melakukan feedback evaluasi pada setiap pelatihan yang dilakukan, dan pada feedback tersebut terdapat 28% komentar negatif dari peserta pelatihan yang menjadi identifikasi masalah, dan peneliti ingin mengetahui bagaimana motif dan alasan peserta yang merasa tidak puas dengan memberikan negative feedback setelah melakukan pelatihan dengan PT.X dalam menerapkan pengetahuannya di tempat kerja? Penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan penilitian kepustakaan, penelitian lapangan dan pendekatan metode wawancara dengan studi kasus di PT.X. Penelitian menggunakan Analisis Sentimen sebagai landasan teori yaitu teknik atau cara yang digunakan untuk mengidentifikasi bagaimana sebuah sentimen diekspresikan menggunakan teks dan bagaimana sentimen tersebut bisa dikategorikan sebagai sentimen positif maupun negative. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan yang ada pada pelatihan K3 khususnya pada bidang studi Ahli K3 Umum sebagaimana tuntutan pesertanya belum sepenuhnya terpenuhi. Bahkan petunjuk-petunjuk teknis pelayanan belum dapat membantu untuk menciptakan pelayanan yang berkualitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi tidak tercapainya kualitas pelayanan yang baik pada pelatihan yang diselenggarakan oleh PT.X disebabkan oleh faktor psikologis, dan komunikasi, pelayanan serta koordinasi penyelenggara dengan pihak Kemnaker RI dalam menentukan instruktur, modul, dan jadwal durasi pada suatu mata pelajaran. Namun hal tersebut hanya dikomentari oleh pesertanya saja tidak dengan usernya yaitu dalam hal ini divisi HSE dan dengan pemilih vendor dalam hal ini divisi HR / training development. Saran kedepannya bahwa PT. X dalam penerapan standard pelayanannya yang merupakan suatu komitmen penyelenggara dengan suatu kualitas yang ditentukan atas dasar perpaduan harapan-harapan peserta pelatihan dan kemampuan penyelenggara pelayanan tidak hanya terpaku pada standard pelayanan yang ada namun terus melakukan tindakan perbaikan kearah yang lebih baik

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Penelitian kualitatif, Pelayanan Kesehatan Keselamatan Kerja
Subjects: Management > Business Process Management
Thesis > Thesis (S2)
Knowledge Management > knowledge management frameworks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Management
Depositing User: Astried Finnia Ayu Kirana
Date Deposited: 20 Feb 2024 06:29
Last Modified: 20 Feb 2024 06:29
URI: http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/9051

Actions (login required)

View Item View Item