Strategi Komunikasi Public Relations Kemensetneg Dalam Mengelola Instagram Sebagai Pelayanan Informasi Publik (Studi Kasus: Pada Konten #SetnegReal)

Aisah, Neng Siti (2024) Strategi Komunikasi Public Relations Kemensetneg Dalam Mengelola Instagram Sebagai Pelayanan Informasi Publik (Studi Kasus: Pada Konten #SetnegReal). Tugas Akhir (S1) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of COVER] Text (COVER)
00 COVER.pdf - Accepted Version

Download (505kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01. BAB I-III.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03. BAB V.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf - Accepted Version

Download (77kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi digital dan media sosial telah mengubah cara instansi pemerintah berkomunikasi dengan masyarakat. Instagram, sebagai salah satu platform media sosial yang populer, sering digunakan untuk menyampaikan informasi secara visual dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis "Strategi Komunikasi Public Relations Kemensetneg dalam Mengelola Instagram sebagai Media Informasi Publik (Studi Kasus: Pada Konten #SetnegReal)". Fokus penelitian ini adalah strategi komunikasi yang diterapkan oleh Public Relations Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dalam mengelola akun Instagram sebagai alat penyebaran informasi publik. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi Public Relations (PR) dan Cyber Public Relations (Cyber PR) sebagai bagian dari pengelolaan konten media sosial. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis konten Instagram. Penelitian ini menyoroti bagaimana Public Relations as Kemensetneg menerapkan strategi PR serta memanfaatkan teknologi digital melalui Cyber PR untuk mengelola konten #SetnegReal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Public Relations Kemensetneg telah menggunakan Instagram sebagai media komunikasi yang efektif dengan konten visual dan interaktif, seperti #SetnegReal, ada perbedaan pendapat di kalangan informan. Sebagian akademisi menilai bahwa strategi komunikasi PR yang diterapkan masih belum sepenuhnya efektif dan membutuhkan peningkatan. Namun, secara umum, Instagram telah membantu Kemensetneg meningkatkan keterlibatan masyarakat, membangun citra positif, dan mendorong transparansi serta partisipasi publik. Penggunaan Cyber PR melalui Instagram juga terbukti memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (S1) - )
Uncontrolled Keywords: Hubungan Masyarakat, Strategi Komunikasi PR, Instagram, Informasi Publik.
Subjects: Communication Science
Communication Science > Corporate Communication
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Neng Siti Aisah
Date Deposited: 11 Sep 2024 07:59
Last Modified: 11 Sep 2024 07:59
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/10741

Actions (login required)

View Item View Item