Nanda, Monica Ayu (2025) Mengeksplorasi Eksploitasi Kreator Konten TV dan TikTok (Perspektif Fuch). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version Download (631kB) |
|
Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (97kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (40kB) | Request a copy |
Abstract
Evolusi media digital, khususnya media sosial, kini dimanfaatkan oleh perusahaan televisi untuk mempromosikan program mereka. Dengan penggunaan media sosial oleh media televisi maka terbentuk lah tim-tim khusus untuk mengelola platform-platform ini, yang dikenal sebagai Spesialis Media Sosial dan Pembuat Konten Digital. Selain menciptakan konten untuk perusahaan mereka, para pekerja media ini juga menghasilkan konten untuk media sosial pribadi mereka, terutama TikTok. Mereka memanfaatkan keahlian profesional sebagai pekerja media untuk mendapatkan keterlibatan tinggi dan menambah jumlah pengikut pada akun TikTok mereka. Pemanfaatan media sosial ini tidak hanya dilakukan oleh pekerja digital namun juga dilakukan oleh Associate Producer yang secara aktif membagikan kegiatan kerja mereka di akun TikTok pribadi mereka. Studi ini bertujuan mengkaji bagaimana eksploitasi terjadi di kalangan pekerja digital— yang disebut sebagai pembuat konten televisi di TikTok—dari perspektif Christian Fuchs, yang mencakup koersi, alienasi, dan apropriasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi baru, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pekerja digital yang juga merupakan karyawan media televisi, observasi non-partisipatif, analisis dokumen, dan tinjauan penelitian sebelumnya. Temuan yang dianalisis melalui teori kerja digital Fuchs menunjukkan bahwa pekerja digital menghadapi eksploitasi baik sebagai karyawan media maupun sebagai pembuat konten. Eksploitasi terlihat dalam hal jam kerja dan beban kerja yang tidak seimbang, alienasi dari kehidupan vital mereka, dan pengambilalihan hasil kerja mereka oleh perusahaan media tanpa kompensasi tambahan. Praktik-praktik ini menggambarkan aspek-aspek utama eksploitasi pekerja digital: koersi, alienasi, dan apropriasi.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pekerja digital, eksploitasi, media sosial, TikTok, content creator |
Subjects: | Communication Science Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Monica Ayu Nanda |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 09:36 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 09:36 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11139 |
Actions (login required)
View Item |