Mengeksplorasi Eksploitasi Kreator Konten TV dan TikTok (Perspektif Fuch)

Nanda, Monica Ayu (2025) Mengeksplorasi Eksploitasi Kreator Konten TV dan TikTok (Perspektif Fuch). Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
00 Cover.pdf - Accepted Version

Download (631kB)
[thumbnail of BAB I-III] Text (BAB I-III)
01 BAB I-III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
02 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
03 BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (119kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy

Abstract

Evolusi media digital, khususnya media sosial, kini dimanfaatkan oleh perusahaan televisi untuk mempromosikan program mereka. Dengan penggunaan media sosial oleh media televisi maka terbentuk lah tim-tim khusus untuk mengelola platform-platform ini, yang dikenal sebagai Spesialis Media Sosial dan Pembuat Konten Digital. Selain menciptakan konten untuk perusahaan mereka, para pekerja media ini juga menghasilkan konten untuk media sosial pribadi mereka, terutama TikTok. Mereka memanfaatkan keahlian profesional sebagai pekerja media untuk mendapatkan keterlibatan tinggi dan menambah jumlah pengikut pada akun TikTok mereka. Pemanfaatan media sosial ini tidak hanya dilakukan oleh pekerja digital namun juga dilakukan oleh Associate Producer yang secara aktif membagikan kegiatan kerja mereka di akun TikTok pribadi mereka. Studi ini bertujuan mengkaji bagaimana eksploitasi terjadi di kalangan pekerja digital— yang disebut sebagai pembuat konten televisi di TikTok—dari perspektif Christian Fuchs, yang mencakup koersi, alienasi, dan apropriasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi baru, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pekerja digital yang juga merupakan karyawan media televisi, observasi non-partisipatif, analisis dokumen, dan tinjauan penelitian sebelumnya. Temuan yang dianalisis melalui teori kerja digital Fuchs menunjukkan bahwa pekerja digital menghadapi eksploitasi baik sebagai karyawan media maupun sebagai pembuat konten. Eksploitasi terlihat dalam hal jam kerja dan beban kerja yang tidak seimbang, alienasi dari kehidupan vital mereka, dan pengambilalihan hasil kerja mereka oleh perusahaan media tanpa kompensasi tambahan. Praktik-praktik ini menggambarkan aspek-aspek utama eksploitasi pekerja digital: koersi, alienasi, dan apropriasi.

Item Type: Thesis (Tesis (S2) - )
Uncontrolled Keywords: pekerja digital, eksploitasi, media sosial, TikTok, content creator
Subjects: Communication Science
Communication Science > Social Media
Thesis > Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Monica Ayu Nanda
Date Deposited: 22 Jan 2025 09:36
Last Modified: 22 Jan 2025 09:36
URI: https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item