Kurniawati, Dian Resti (2025) CITRA PESANTREN: FENOMENOLOGI PERSEPSI ORANG TUA SANTRI DENGAN PENDEKATAN DIMENSIONAL CITRA MEREK. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (COVER)
00.COVER.pdf - Accepted Version Download (317kB) |
![]() |
Text (BAB I-III)
01.BAB I-III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (779kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (284kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. BAB DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (203kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
05. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
Abstract
Di tengah isu negatif yang melanda pesantren akhir-akhir ini di berbagai platform digital seperti pelecehan seksual, perundungan, dan ajaran sesat, sangat penting untuk memahami persepsi pemangku kepentingan, khususnya konsumen. Studi ini fokus pada pandangan, perasaan, pengalaman, dan citra pesantren di mata para orangtua siswa yang hendak menyekolahkan anaknya di pesantren. Menggunakan pendekatan Dimensional Citra Merek dan metode fenomenologi persepsi dengan lima partisipan dari berbagai latar belakang, temuan menunjukkan bahwa pertama, orangtua siswa masih menganggap pesantren sebagai tempat terbaik untuk belajar agama, karena anak-anak mereka dapat lebih fokus mendalami nilai-nilai dan ajaran Islam. Kedua, mereka melihat pendidikan berbasis agama masih menjadi prioritas utama untuk anak-anak mereka di era bebasnya informasi, media, dan teknologi komunikasi yang terus berkembang pesat agar tidak tersesat dan lebih percaya diri menghadapi masalah hidup. Ketiga, para orangtua siswa menganggap pesantren masih memiliki citra merek positif, baik dari segi identitas, personalitas, asosiasi, perilaku, dan kompetensi merek. Namun demikian, perilaku merek yang direpresentasikan oleh oknum-oknum yang terlibat di pesantren perlu diperbaiki agar tidak merusak citra secara keseluruhan. Demikian pula dengan identitas 'tertutup' dan diasosiasikan sebagai ruang eksklusif dan tak tersentuh, perlu lebih terbuka dan transparan tanpa mengurangi prosedur operasional standar dan kualitas manajemen, agar publik dapat lebih percaya dan melepaskan stigma buruk. Pesantren memiliki modal kuat pada kompetensi dan personalitas/karakter merek. Studi ini adalah yang pertama mengkaji citra pesantren dari perspektif dimensi brand image, terutama di tengah pusaran arus isu buruk yang menyelimuti. Kata kunci: Pendidikan Islam, Brand Image Islam, Pesantren, Ajaran Islam, Stigma Buruk
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Brand Image Islam, Pesantren, Ajaran Islam, Stigma Buruk |
Subjects: | Communication Science Customer Behavior Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Dian Resti Kurniawati |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 05:00 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 05:00 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11855 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |