Witaryanto, Panji (2025) Strategi Lintas Media untuk Promosi Pariwisata Berkelanjutan: Studi Kasus Moana Sustainable cycling tour Yogyakarta. Tesis (S2) - thesis, Universitas Bakrie.
![]() |
Text (Cover)
00.Cover.pdf - Accepted Version Download (901kB) |
![]() |
Text (BAB I - III)
01. BAB I - III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
02. BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
03. BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (354kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
05. Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mengkaji strategi lintas media yang diterapkan Moana Sustainable cycling tour Yogyakarta dalam mempromosikan pariwisata berkelanjutan. Latar belakang penelitian berangkat dari kebutuhan promosi destinasi dan penyedia tur wisata yang efektif tanpa mengabaikan nilai keberlanjutan. Penelitian bertujuan menganalisis penerapan strategi lintas media dan alasan pemilihannya. Metode yang digunakan kualitatif dengan studi kasus, melibatkan wawancara mendalam, dan dokumentasi. Temuan rumusan masalah pertama menunjukkan bahwa Moana merancang strategi lintas media melalui riset audiens, pemetaan platform, dan penentuan konten. Implementasi distribusi konten dilakukan dengan memaksimalkan peran tiap kanal seperti Instagram,Facebook, YouTube, TikTok, website, dan TripAdvisor. Integrasi ini membentuk ekosistem komunikasi terpadu yang memperluas jangkauan audiens, serta mendorong keterlibatan interaksi wisatawan. Pemanfaatan Storytelling dengan influencer yang relevan, untuk memperluas jangkauan dan membangun kepercayaan audiens, juga dilakukan. Perluasan narasi diterapkan bukan sekadar pengulangan konten namun menjadi potongan cerita unik yang saling melengkapi. Pada kanal YouTube ditemukan bahwa frekuensi unggahan masih sangat rendah sehingga potensinya belum dimanfaatkan secara optimal, sehingga perlu dilakukan evaluasi rutin untuk memastikan konsistensi pesan keberlanjutan, serta mengatasi kendala keterbatasan SDM dan manajemen platform. Strategi lintas media dipilih karena mampu menjawab tantangan perilaku konsumsi informasi wisatawan di era digital, serta membangun keterlibatan emosional dan kepercayaan audiens terhadap citra Moana sebagai pelaku pariwisata berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Tesis (S2) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi lintas media, pariwisata berkelanjutan, promosi destinasi, media digital, storytelling, influencer |
Subjects: | Communication Science > Digital Communication Communication Science > Social Media Thesis > Thesis (S2) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Program Studi Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Panji Witaryanto |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 01:40 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 01:40 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/11897 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |