Sukarno, Serena Rinjani (2022) Preferensi Konsumen Terhadap Desain Kemasan Kopi Spesialti Melalui Uji Sensori secara Virtual. Tugas Akhir (S1) - thesis, UNIVERSITAS BAKRIE.
Preview |
Text (COVER)
00 cover.pdf - Submitted Version Download (500kB) | Preview |
Text (BAB I - II)
01 BAB I - II.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
02 BAB III.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
03 BAB IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
04 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version Download (204kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
05 LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
Abstract
Kopi spesialti merupakan kopi yang memiliki kualitas tinggi dengan cita rasa unik dan dikembangkan dengan teknik khusus. Desain kemasan kopi spesialti perlu dibuat untuk menarik perhatian konsumen sehingga mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini yaitu menilai desain kemasan kopi spesialti yang sesuai dengan preferensi konsumen. Penelitian dilakukan dengan dua tahap, yaitu kuesioner tahap awal untuk memilih elemen desain kemasan dan uji sensori sebagai penilaian desain kemasan tersebut. Uji sensori pada penelitian ini dilakukan secara virtual karena terbukti memberikan hasil yang efektif pada penelitian sebelumnya. Terdapat empat desain yang dibuat berdasarkan perbedaan usia, yaitu Desain 1 untuk mewakili keseluruhan usia, Desain 2 untuk mewakili Gen Z, Desain 3 untuk mewakili Milenial, dan Desain 4 untuk mewakili Gen X. Atribut uji sensori yang dinilai antara lain harmoni warna, komposisi gambar, jenis font, kejelasan informasi label, dan keseluruhan. Uji sensori ini melibatkan 150 orang panelis yang diperoleh melalui media sosial. Hasil uji sensori diperoleh untuk harmoni warna yang paling disukai adalah Desain 4, untuk atribut gambar adalah Desain 2, untuk atribut jenis font adalah Desain 3, untuk atribut kejelasan informasi label adalah Desain 1, dan untuk atribut secara keseluruhan adalah Desain 2. Desain 2 yang merupakan desain paling disukai ini memiliki hasil yang berbeda signifikan dengan desain lainnya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir (S1) - ) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain kemasan, kopi spesialti, uji sensori, preferensi konsumen |
Subjects: | Food Science and Technology Food Science and Technology > Analisis Sensori Thesis > Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan |
Depositing User: | Serena Rinjani Sukarno |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 09:55 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 09:55 |
URI: | https://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/6332 |
Actions (login required)
View Item |